Wednesday, May 10, 2017

Hero of May 9th

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, May 10, 2017 0 comments Links to this post
I’ve never been so shame and sad just like what I feel right now.

Monday, May 8, 2017

Dua Kutub Diri Elina

Posted by Tabita Davinia at Monday, May 08, 2017 0 comments Links to this post
Have you ever known that there is a mental illness which attacks about 1,1% world's populations? Each country has about 1% from its population who has this illness. Well... here it is :) Dua Kutub Diri Elina


Everytime you watch and share this video, you will raise someone's awareness of mental health! Whoaaa :D Come on, let's share this awareness for a better world ^^


Friday, April 28, 2017

Matius 22 dan Amsal 22

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 28, 2017 0 comments Links to this post
S: And he said to him, ‘Friend, how did you get in here without wedding clothes?’ But he had nothing to say – Matthew 22:12 (NET)

O: Dateng ke kondangan orang tentunya bukan berarti kita bisa pake baju seenaknya (contoh: cuma pake kaos sama celana jeans ¾--mau dolan po? -.-“ wkwk).

Thursday, April 27, 2017

Matius 21 dan Amsal 21

Posted by Tabita Davinia at Thursday, April 27, 2017 0 comments Links to this post
S: Ia pergi kepada anak yang sulung dan berkata: Anakku, pergi dan bekerjalah hari ini dalam kebun anggur. Jawab anak itu: Baik, bapa. Tetapi ia tidak pergi. - Matius 21:28--29

O: Aku pernah bercanda ke temenku (dan juga kujadiin status di WA :p), "Tiga huruf, tapi menunda segalanya:

Matius 20 dan Amsal 20

Posted by Tabita Davinia at Thursday, April 27, 2017 0 comments Links to this post
S: Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati? - Matius 20:15 (TB)

O: Siapa yang nggak jengkel; udah kerja mati-matian, berjam-jam... eh, diupahnya sama kaya' yang cuma kerja sejam. Uenaakk men ya -.-" wkwk. Ehh, terus si tuan bilang kaya' ayat di atas. Dan para pekerja itu cuma diem (eh, nggak diceritain sih, apa yang terjadi setelahnya. Oke, skip).

What's the value of the story?

Wednesday, April 26, 2017

Matius 19 dan Amsal 19

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 26, 2017 0 comments Links to this post
(masuk ke buku baru yay :p)

S: Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia -- Matius 19:6

Matius 18 dan Amsal 18

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 26, 2017 0 comments Links to this post
S: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya (Petrus): Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali." - Matius 18:21b--22 (TB)

Friday, April 21, 2017

Matius 17 dan Amsal 17

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 21, 2017 0 comments Links to this post
S: "'Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.' Maka hati murid-murid-Nya itu pun sedih sekali." - Matius 17:22b--23

O: Lagi-lagi Yesus ngomong tentang penderitaan-Nya. Tapi nggak ada yang kaya' Petrus waktu Yesus ngebahas itu pertama kali (baca di sini). Nah, walopun Yesus udah bilang Dia akan dibangkitkan tiga hari setelah Dia wafat, tetep aja para murid-Nya sedih. Yaa~ secara manusiawi, wajarlah ya, kalo ada orang yang kita sayangi meninggal. Mungkin itu pula yang dirasakan Petrus dkk. ketika mereka akan kehilangan Guru yang mereka hormati dan kasihi.

Matius 16 dan Amsal 16

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 21, 2017 0 comments Links to this post
S: But he turned and said to Peter, "Get behind me, Satan! You are a stumbling block to me, because you are not setting your mind on God's interests, but on man's" (Matthew 16:23)

O: Lho, kan baik to, maksudnya Petrus? ._. Kok, malah dimarahi? Well, mungkin itu pula yang dipikirin Petrus. Tapi nggak gitu dengan Yesus. Yesus tahu apa yang dipikirkan Allah--dan itu pula yang ingin Dia lakukan! Sedangkan Petrus (waktu itu) nggak tahu, dan cuma mikirin enaknya aja.

Thursday, April 20, 2017

Matius 15 dan Amsal 15

Posted by Tabita Davinia at Thursday, April 20, 2017 0 comments Links to this post
S: "And why do you disobey the commandment of God because of your tradition?" - Matthew 15:3, NET

O: Bangsa Yahudi tuh, dikenal sebagai bangsa yang sangat memperhatikan tradisi. Gini ga boleh, gitu juga salah... Hm, jadi inget sama ceritanya Ko Daniel K. G. (a. k. a. koko pendeta masih 30 taun #huahaha #lol #ampunkodan :p) di kebaktian Minggu tanggal 9 April lalu

Wednesday, April 19, 2017

Matius 14 dan Amsal 14

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 19, 2017 0 comments Links to this post
S: Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan". Yesus berkata: "Bawalah kemari pada-Ku" (Matius 14:17--18)

    Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. (Matius 14:23a)

O: Ada 5.000 orang laki-laki (ga termasuk perempuan dan anak-anak, ayat 21). Ga ada makanan. Hari hampir gelap. Wah, kacau. Dan yang ada di situ... cuma lima roti dan dua ikan (yang dibawa anak kecil, Yohanes 6:9). Duh, mana mungkin cukup, kan? Mau secuil sekecil apapun nggak bakal bisa mengenyangkan -.-"

Tuesday, April 18, 2017

Matius 13 dan Amsal 13

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 18, 2017 0 comments Links to this post
S: "Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat" -- Matius 13:23

O: Baca tentang penabur di sini, aku jadi inget lagi di PKJ 226 (Adalah Seorang Menaburkan Benih), bait 1:
Adalah seorang menaburkan benih
jatuh benih di jalan dan burung memakannya
Firman itu baik, benih kasih bagimu,
dan orang yang menolak binasa s'lamanya

Matius 12 dan Amsal 12

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 18, 2017 0 comments Links to this post
S: "Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal"- Matius 12:33

O: "Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya". Yap, artinya bahwa anak itu mirip orang tuanya--termasuk dalam fisik (walopun nggak 100% juga, sih. Ada juga yang campuran dari kakek-neneknya). Aku sering dibilang mirip sama papa-mamaku :) Yaudah sih, mikirnya mah, "Wah, berarti emang nggak ketuker anaknya" :p LOL.

Tuesday, April 11, 2017

Matius 11 dan Amsal 11

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" (Matius 11:6)

NB: setiap nama "Yohanes" yang muncul menunjuk pada Yohanes Pembaptis, bukan Yohanes adik Yakobus. So, be careful! :)

How to Having Devotional Time?

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
Guten Abend!! :) Hayo, siapa di sini yang masih rajin having devotional time  (a. k. a. saat teduh (SaTe)) sama Bible Reading (BR)? (Lah, nongol-nongol udah kasih pertanyaan maut :p)


Eh, dua-duanya nggak dijalanin? ._. SaTe-nya juga? ._. Waaa... Padahal dua-duanya itu penting lho. Bukan cuma penting lagi. Tapi kita butuh itu buat disiplin rohani kita! :B (meringis.com) Nah, mungkin ada yang tanya, "Gimana sih, caranya SaTe sama BR yang efektif?" "Gimana sih, biar kalo baca Alkitab itu nggak spaneng?" "Boleh nggak, kalo cuma baca ayat sama renungannya langsung? Jadi nggak baca Alkitab?". Okeee.. yuk, kita bahas satu-satu :)

Matius 10 dan Amsal 10

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "See, I send you out as sheep among wolves. Be then as wise as snakes, and as gentle as doves" (Matius 10:16, BBE)

    "To everyone, then, who gives witness to me before men, I will give witness before my Father in heaven" (Matius 10:32, BBE

O: Dua ayat di atas diungkapkan Yesus setela Dia memanggil kedua belas rasul-Nya (hayo sebutin siapa aja :p).

Matius 9 dan Amsal 9

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." (Matius 9:37b--38, TB)


O: "Everyone needs Jesus!". Kalimat ini pasti sering kita denger, kan? :) Dan emang bener, kok. Siapapun butuh Yesus! Tapiii~ orang yang bersedia dipakai Tuhan untuk memberitakan nama-Nya cuma sedikit.

Jadi inget sama KTB di gereja.

Matius 8 dan Amsal 8

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh" (Matius 8:8, TB)

    "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" (Matius 8:26, TB)


O: Dari ayat 8 dan 26, Tuhan ingatkan aku akan dua hal:

Matius 7 dan Amsal 7

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?" (Matius 7:3, TB)

O: Kenal dengan peribahasa kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak? Nah, peribahasa ini punya makna yang sama dengan ayat di atas. Yaaa.. jujur nih, ngomongin tentang keburukan orang lain tuh, emang enak ya :p  "Eh, si A kan gini gitu" "Iya, tuh. Munafik lah ya dia itu" --> tapi dianya juga munafik. Haha. Yang penting kan, bukan kitanya yang dibahas :p Semakin digosok, semakin sip #thepowerofgossipers

Friday, April 7, 2017

Matius 6 dan Amsal 6

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 07, 2017 0 comments Links to this post
S: Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. (Matius 6:3, TB)

     Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian?  (Matius 6:25, TB)

Wednesday, April 5, 2017

Jam Mr. Roger

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 05, 2017 0 comments Links to this post
Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu aku pernah ikut lomba bikin cerpen di Line. Tapi berhubung ceritanya (mungkin) sooo krik krik, jadi nggak menang deh :p Hehe. Makanya kutaruh di sini lol. So, ini dia :) Btw, maafkan daku kalo ceritanya gaje dan ambigu haha.

--**--


Suasana di asrama kampus Eustachiusa Dumbledore sangat sepi. Hanya ada suara jangkrik dan hembusan angin yang terdengar. Entah karena mahasiswa di sini adalah mahasiswa strata dua (S2), jadi sebagian besar waktu digunakan untuk mengerjakan tugas dan penyelesaian tesis. Hm... tetap saja, suasananya terlalu kelewat sepi kalau begitu.

Matius 5 dan Amsal 5

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 05, 2017 0 comments Links to this post

https://www.pinterest.com/prtyizs/scriptures/
S: "Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:8, TB)

Tuesday, April 4, 2017

Matius 4 dan Amsal 4

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
S: Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajaah engkau berbakti!" (Matius 4:10, TB)

O: Ayat ini berada dalam perikop di mana Yesus sedang dicobai oleh Iblis di padang gurun. Setelah berpuasa 40 hari dan 40 malam, Iblispun datang dan mencobai-Nya. Pencobaan pertama itu waktu Yesus disuruh mengubah batu menjadi roti. Hmm... abis puasa sebulan lebih, mestinya laper dong ya. Apalagi kan, Dia sama sekali nggak makan apa-apa. Di padang gurun, pula. Tapi Yesus menegaskan bahwa "Ada tertulis: manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Wah, sip. Yesus menang. Skip.

Matius 3 dan Amsal 3

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
Matius 3

S: “Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.” (Matius 3:8,TB)

O: Waktu itu Yohanes Pembaptis baru ngomong agar bangsa Israel bertobat, karena Kerajaan Sorga sudah dekat. Kerajaan itu “diwakili” dengan kehadiran Yesus di dunia pada masa itu. Beberapa hal yang kupelajari di sini:

Matius 2 dan Amsal 2

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
Matius 2


S: Maka Tusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir... (Matius 2:14, TB)

O: Bayangin perasaan kita waktu tidur, terus tiba-tiba dibangunin lewat mimpi dan disuruh buat ngelakuin ini itu. Plus, semua mimpi itu datengnya dari Tuhan. Hmmm.. pasti rasanya males ya -_- Baru enak-enak tidur, kok malah disuruh gini gitu. Tapi itulah yang dialami Yusuf, baik di pasal 1 dan 2. Dalam dua pasal itu, Yusuf memperoleh perintah dari Tuhan melalui mimpi sebanyak tiga kali (Matius 1:18—25, Matius 2:13—15, dan Matius 2:19—23), atau malah empat kali (baca Matius 2:22—23).

Matius 1 dan Amsal 1

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
Phew... abis baca empat kitab nabi kecil selama bulan Maret, bulan ini bacaannya dari Matius, 2 Yohanes, dan 3 Yohanes :) Anyway, bagi kalian yang penasaran kok, sejak bulan lalu aku sharing rhema di sini, kalian bisa cek sini ya. Yuk, sama-sama belajar buat Bible reading dan ngelakuin apa yang udah kita dapet :D


--**--

Thursday, March 30, 2017

Yunus 3--4 dan Amsal 30--31

Posted by Tabita Davinia at Thursday, March 30, 2017 0 comments Links to this post
 (ternyata aku lupa nulis yang Yunus 4 dan Amsal 31 di sini haduhhh)


S: “Mulailah Yunus masuk ke dalam kota itu (Niniwe) sehari perjalanan jauhnya lalu berseru: “Empat puluh hari lagi, maka Niniwe akan ditunggangbalikkan” (Yunus 3:4, TB)

Wednesday, March 29, 2017

Yunus 2 dan Amsal 29

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 29, 2017 0 comments Links to this post
S: “Dan aku berkata: telah terusir aku dari hadapan mata-Mu. Mungkinkah aku memandang lagi bait-Mu yang kudus?” (Yunus 2:4)

Yunus 1 dan Amsal 28

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 29, 2017 0 comments Links to this post
S: “What are you doing, asleep? Get up! Cry out to your god! Perhaprs your god might take notice of us so that we might not die!” (v. 6, NET)


Obaja dan Amsal 27

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 29, 2017 0 comments Links to this post
S: Tetapi di gunung Sion akan ada orang-orang yang terluput, dan gunung itu akan menjadi tempat kudus; dan kaum keturunan Yakub akan memiliki pula tanah miliknya. (Obaja 1:17, TB)

Amos 9 dan Amsal 26

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 29, 2017 0 comments Links to this post
S: Sesungguhnya, TUHAN Allah sudah mengamat-amati kerajaan yang berdosa ini: Aku akan memunahkannya dari muka bumi! Tetapi Aku tidak akan memunahkan keturunan Yakub sama sekali," demikianlah firman TUHAN. (Amos 9:8, TB)

Amos 8 dan Amsal 25

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 29, 2017 0 comments Links to this post
S: Tuhan telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: Bahwasanya Aku tidak akan melupakan untuk seterusnya segala perbuatan mereka! (Amos 8:7, TB)

Friday, March 24, 2017

Reflection from "Beauty and the Beast"

Posted by Tabita Davinia at Friday, March 24, 2017 0 comments Links to this post
Kemaren Rabu nonton Beauty and the Beast (pelarian dari UTS *eh) 🌹 Dari rating 1--10, aku kasih rating 10 wkwk πŸ˜‚ Keren banget soalnya! Ga cuma itu, ada nilai-nilai positif di dalamnya dan bisa dipelajari bareng-bareng. So, aku sih merekomendasikan film ini buat kalian tonton :)

Amos 7 dan Amsal 24

Posted by Tabita Davinia at Friday, March 24, 2017 0 comments Links to this post
S: Jawab Amos kepada Amazia: "Aku ini bukan nabi dan aku ini tidak termasuk golongan nabi, melainkan aku ini seorang peternak dan pemungut buah ara hutan.

Thursday, March 23, 2017

Amos 6 dan Amsal 23

Posted by Tabita Davinia at Thursday, March 23, 2017 0 comments Links to this post
S: And when a relative of the dead, with one who will burn the bodies, picks up the bodies to take them out of the house, he will say to one inside the house, “Are there any more with you?” Then someone will say, “None.” And he will say, “Hold your tongue! For we dare not mention the name of the Lord.” – Amos 6:10 (NKJV)

Wednesday, March 22, 2017

Amos 5 dan Amsal 22

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 22, 2017 0 comments Links to this post
S: "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu." - Amos 5:21 (TB)


O: Lah, bukannya dulu Tuhan memerintahkan bangsa Israel buat memberikan persembahan kurban dan sebagainya, ya? Kok, di bacaan ini Dia malah nggak mau? Apa salah bangsa kepunyaan-Nya itu? Hmmm.. Kalo dilihat sekilas, kita akan menilai bahwa kehidupan spiritualitas bangsa itu baik-baik aja. Iya, masih tetep ngelakuin ibadah dan persembahan buat Tuhan. Terus salahnya apa dong?

Amos 4 dan Amsal 21

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 22, 2017 0 comments Links to this post
S: Penduduk dua tiga kota pergi terhuyung-huyung ke satu kota untuk minum air, tetapi mereka tidak menjadi puas; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku," demikianlah firman TUHAN. - Amos 4:8


O: Siapapun dan apapun pasti butuh air, entah itu manusia, hewan, tumbuhan, bahkan makhluk hidup lainnya (jamur dkk. πŸ„). Jangankan nggak minum seharian, nggak minum dalem beberapa jam aja rasanya gerah πŸ˜ΆπŸ’¦

Monday, March 20, 2017

Amos 3 dan Amsal 20

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 20, 2017 0 comments Links to this post
Mumpung masih di kampus dan bisa ngetik di komputer, sekalian aja lah ya :B berhubung browser laptop masih buka-tutup sesukanya mulu huhu


--**--

S: Sungguh, Tuhan ALLAH tidak berbuat sesuatu tanpa menyatakan keputusan-Nya kepada hamba-hamba-Nya, para nabi -- Amos 3:7


O: Kalo di TB, perikop yang ada di ayat 7 itu "Nabi sebagai penyambung lidah Allah". Kalo di NET, judul perikopnya "Every Effect has its Cause". Oke, aku akan coba telaah satu-persatu...

Amos 2 dan Amsal 19

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 20, 2017 0 comments Links to this post
S: Padahal Akulah yang menuntun kamu keluar dari tanah Mesir dan memimpin kamu empat puluh tahun lamanya di padang gurun, supaya kamu menduduki negeri orang Amori -- Amos 2:10


O: Empat puluh tahun tentu bukan waktu yang sebentar dalam berkelana di padang gurun. Gile. Panas-panas pula. Tapi Tuhan tetep menyertai bangsa Israel, bangsa yang tegar-tengkuk itu. Lah, tapi kok mereka malah lupa sama Tuhan -.-" Malah beralih ke dewa-dewa. Padahal harusnya, peristiwa-peristiwa iman mereka bersama-Nya kan diajarin secara turun-temurun.

Amos 1 dan Amsal 18

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 20, 2017 0 comments Links to this post
JRENGGG. Selamat datang di kitab Amos, seorang peternak domba yang dipakai Tuhan untuk memberitakan firman-Nya pada banyak bangsa (bisa langsung cuss baca hehe). Baiklah, siapkan diri kalian, kita akan menjelajah (?) kitab Amos sambil tetep ngelanjutin Amsal yey.



--**--
 
 
S: Beginilah firman TUHAN: "Karena tiga perbuatan jahat Damsyik, bahkan empat, Aku tidak akan menarik kembali keputusan-Ku. Oleh karena mereka telah mengirik Gilead dengan eretan pengirik dari besi... -- Amos 1:3


O: Sejujurnya aku nggak tahu ini mbahas apa -.-" Di grup ada yang dapet tentang Amos sebagai peternak domba yang dipakai Tuhan. Ada juga yang dapetnya tentang hukuman buat musuh-musuh Israel-Yehuda. Nah, kalo aku dapetnya adalah~

Yoel 3 dan Amsal 17

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 20, 2017 0 comments Links to this post
Wah, udah sampe pasal terakhirnya Yoel :O Abis ini lanjut ke Amos hehe. Kayy :) masih butuh perjuangan! Haphaphappp semangattt!!


--**--


S: Maka kamu akan mengetahui bahwa Aku, TUHAN, adalah Allahmu, yang diam di Sion, gunung-Ku yang kudus. Dan Yerusalem akan menjadi kudus, dan orang-orang luar tidak akan melintasinya lagi -- Yoel 3:3


O: Yes! Suatu saat nanti, keadaan Yerusalem akan dipulihkan! :) Bicara tentang kekudusan umat, berarti yang dimaksud di sini nggak cuma Yerusalem doang; tapi juga semua orang yang percaya pada Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatnya :) Kapan hari itu tiba?

Yoel 2 dan Amsal 16

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 20, 2017 0 comments Links to this post
S: Dan TUHAN memperdengarkan suara-Nya di depan tentara-Nya. Pasukan-Nya sangat banyak dan pelaksana firman-Nya kuat. Betapa hebat dan sangat dahsyat hari TUHAN! Siapakah yang dapat menahannya? -- Yoel 2:11

 
O: Whaaaa. Ini ngomongin tentang hari terakhir yak. The last day. O, I can't wait that day, when I can see Him face to face! Jadi inget dulu pernah percaya, kalo hari terakhir itu 21 Desember 2012 :p (thanks for 2012 movie wkwk). Padahal sampe sorenya itu, aku masih ada di Gramedia, megang buku (di rak buku Kristen. Aku inget, soalnya itu aku pas nyatet salah satu doa yang ada di buku itu wkwk), sambil mikir, "Ini jadi kiamat nggak sih?".

Yoel 1 dan Amsal 15

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 20, 2017 0 comments Links to this post
Yak, sekarang mulai BR dari Yoel 1, dan tetep ngelanjutin baca Amsalnya hehe :) setelah Yoel, ada Amos dan Obaja yang masih menanti. Cieee.. ditunggu buat dibaca, nih :p wkwkwk. Oke, langsung sajhaaa~ :D


--**--

Tuesday, March 14, 2017

Hosea 14 dan Amsal 14

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, March 14, 2017 0 comments Links to this post
Hosea udah masuk pasal terakhir! Yeayyyy *prok prok prok *jadi keinget mega huahahaha :p halo megg*. Mulai besok, kami akan baca dari Yoel 1 :) Okayyy~ langsung aja yakk, kita simak Hosea 14 dan Amsal 14 :)) cekidot! :D


--**--



S: Siapa yang bijaksana, biarlah ia memahami semuanya ini; siapa yang paham, biarlah ia mengetahuinya; sebab jalan-jalan TUHAN adalah lurus, dan orang benar menempuhnya, tetapi pemberontak tergelincir di situ -- Hosea 14:10



O: Ini aku tulis di blog dulu terus nanti baru kutulis di buku hehe (gapapa kan, ya, C'? Hehe).

Setelah ngebahas tentang murka Tuhan pada bangsa Israel, di sini Dia mengingatkan bahwa Dia tetap mau menerima umat-Nya ketika mereka bertobat.

Hosea 13 dan Amsal 13

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, March 14, 2017 0 comments Links to this post
S: Tetapi Akdalah TUHAN, Allahmu sejak di tanah Mesir; engkau tidak mengenal allah kecuali Aku, dan tidak ada juruselamat selain dari Aku.  -- Hosea 13:4



O: Kemarin (iya, kemarin. Lha aku BR-nya kemarin wkwk) Tuhan ingatkan aku lagi bahwa hanya Dialah Tuhan dan Juruselamat dunia. He knows everything about us. Tapi sering banget bangsa Israel melupakan Dia. Udah diingetin lewat para nabi, masih aja ngeyel.

Hosea 12 dan Amsal 12

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, March 14, 2017 0 comments Links to this post
S: But you must return to your God, by maintaining love and justice, and by waiting for your God to return to you -- Hosea 12:6 (7), NET



O: Pasal 12 ini ngebahas tentang Yakub dan Efrain. Dan yang ku-highlight itu dari ayat 7. Tentang kehidupan Israel (a. k. a. Yakub). Sekalipun masa lalunya kelam (bohongin Ishak dan Esau, kabur dari rumah, nggak ketemu sama Ribka lagi setelah kabur), tapi dia pun tetep dipulihkan Tuhan.

Hosea 11 dan Amsal 11

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, March 14, 2017 0 comments Links to this post
Huahhh.. lama banget ya nggak nulis BR di sini -.- Iya, selain karena aku pulang dan jadi jarang pegang laptop, browser di laptop bermasalah. Makanya nulis-nulisnya cuma bisa kulakuin di komputer kampus heheu. Tapi ini aku nulisnya di laptop, sih. Yaaa... semoga nggak bermasalah lagi, ya :')


--**--


S: Tuhan berkata: "Hai Israel, tak mungkin Engkau kubiarkan atau Kutinggalkan. Mungkinkah engkau Kumusnahkan seperti Adma? Atau Kuperlakukan seperti Zeboim? Tak tega hati-Ku melakukan hal itu, karena cinta-Ku terlalu besar bagimu!" -- Hosea 11:8

Monday, March 13, 2017

Hosea 10 dan Amsal 10

Posted by Tabita Davinia at Monday, March 13, 2017 0 comments Links to this post
S: Israel adalah pokok anggur yang riap tumbuhnya, yang menghasilkan buah. Makin banyak buahnya, makin banyak dibuatnya mezbah-mezbah. Makin baik tanahnya, makin baik dibuatnya tugu-tugu berhala. - Hosea 10:1



O: Kalo mau me-review ((review)) pasal-pasal sebelumnya, bakal keliatan akar dari asalnya hukuman Tuhan di pasal ini.

Thursday, March 9, 2017

Hosea 9 dan Amsal 9

Posted by Tabita Davinia at Thursday, March 09, 2017 0 comments Links to this post
S: "Allahku akan membuang mereka, sebab mereka tidak mendengarkan Dia, maka mereka akan mengembara di antara bangsa-bangsa" - Hosea 9:17



O: Ngeri. Itulah yang terlintas di pikiranku waktu baca bagian ini. Lagi-lagi Tuhan ingetin buat selalu bersandar padanya, bukan pada pengertian kita sendiri (Amsal 3:5). Di pasal yang sama juga dibahas tentang "hari-hari Gibea" (Hakim-hakim 19:1--30). Apa maksudnya?

Wednesday, March 8, 2017

Hosea 8 dan Amsal 8

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 08, 2017 0 comments Links to this post
S: Israel telah melupakan Pembuatnya dan telah mendirikan istana-istana; Yehuda telah memperbanyak kota-kota yang berkubu; tetapi Aku akan melepas api ke dalam kota-kota mereka, sehingga puri mereka dimakan habis -- Hosea 8:14



O: Segala kelimpahan dan kejayaan yang diperoleh di masa lalu membuat Israel lupa pada Siapa yang memberikannya. Akibatnya pun parah!

Tuesday, March 7, 2017

Hosea 7 dan Amsal 7

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, March 07, 2017 0 comments Links to this post
S: Kecongkakan Israel menjadi saksi terhadap dirinya, namun mereka tidak berbalik kepada TUHAN, Allah mereka, dan tidak mencari Dia kendati semuanya ini -- Hosea 7:10



O: Tuh, kan. Lagi-lagi diingetin buat nggak jadi orang sombong. Sama kaya' SaTe tadi (Ayub 31:1--18). Tuhan yang sedemikian kuat dan berkuasa atas alam semesta aja nggak menyombongkan diri-Nya (padahal Dia bisa kan, buat nyombong gitu? Ha semuanya Dia ciptakan! Dari yang nggak ada jadi ada).

Hosea 6 dan Amsal 6

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, March 07, 2017 0 comments Links to this post
S: "Kasih setiamu seperti kabut pagi, dan seperti embun yang hilang pagi-pagi benar" -- Hosea 6:46




O: Tuhan muak sama pertobatan yang semu. Gimana nggak semu, lha wong tiap kali bertobat, taat bentar, terus mbalik lagi kaya' dulu -_-" Nggak niat buat bertobat nih, bangsa Israel. Padahal bertobat itu kan, "Turn to the right way".

Sunday, March 5, 2017

Hosea 5 dan Amsal 5

Posted by Tabita Davinia at Sunday, March 05, 2017 0 comments Links to this post
S: "Aku ini mengenal Efraim, dan Israel tidaklah tersembunyi bagi-Ku, sebab engkau telah berzinah, hai Efraim; dan Israel telah menajiskan diri" - Hosea 5:5



O: Ngeri banget kalo liat kondisi Israel di zaman para nabi--termasuk di zamannya Hosea. Nilai-nilai yang udah dikasih Tuhan itu ilang entah ke mana, dan kehidupan Israel pun berubah drastis. Mereka lupa sama Siapa yang membuat mereka berkelimpahan, bahkan dalam kondisi baik mereka malah menyembah sosok yang nggak memberikan mereka kelimpahan itu (jangankan kondisi baik; kadang dalam kondisi yang buruk sekalipun mereka malah menyembah dewa-dewi -.-)!

Hosea 4 dan Amsal 4

Posted by Tabita Davinia at Sunday, March 05, 2017 0 comments Links to this post
https://id.pinterest.com/pin/396527942163704982/
S: "Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengenalan Allahmu, maka Aku juga melupakan anak-anakmu." - Hosea 4:6



O: Pasal ini lebih keras rasanya kalo dibandingin sama tiga pasal sebelumnya. Bahkan di sini, imam-imam ditolak Tuhan karena mereka melupakan pengajaran-Nya. Padahal di Ulangan 6:6--9 dikatakan bahwa seharusnya pengajaran tentang Tuhan dan hukum terutama-Nya diajarkan kepada anak-anak bangsa Israel SETIAP SAAT.

Friday, March 3, 2017

Hosea 3 dan Amsal 3

Posted by Tabita Davinia at Friday, March 03, 2017 0 comments Links to this post
https://id.pinterest.com/pin/299137600220427588/
S: Berfirmanlah TUHAN kepadaku: “Pergilah lagi, cintailah perempuan yang suka bersundal dan berzinah, seperti TUHAN juga mencintai orang Israel, sekalipun mereka berpaling kepada allah-allah lain dan menyukai kue kismis"" – Hosea 3:1



O: Huaaa >.< Nggak tahu mau ngomong apalagi selain, “God, You are so faithful and The Lover of my soul!”. Kalo perikop ini dicari relevansinya dengan zaman sekarang, maka “allah-allah” lain itu adalah gadget, shopping, buku bacaan, tugas, dll. yang kita gunakan maupun lakukan secara berlebihan. Maksudnya berlebihan adalah... dengan hal-hal tersebut, kita justru lupa bahwa kita punya HPdT (Hubungan Pribadi dengan Tuhan). Nah, balik lagi ke Hosea 3. Setelah masa “vacuum of power” itu—nggak ada raja, pemimpin, korban, tugu berhala, efod, dan terafim—itu, bangsa Israel pun kembali pada Tuhan dan specchless atas kebaikan-Nya pada hari-hari terakhir.

Thursday, March 2, 2017

Hosea 2 dan Amsal 2

Posted by Tabita Davinia at Thursday, March 02, 2017 0 comments Links to this post

https://id.pinterest.com/pin/178173728980317445/
S: Sebab itu, sesungguhnya Aku ini akan membujuk dia, dan membawa dia ke padang gurun, dan berbicara menenangkan hatinya - Hosea 2:13


O: Pasal ini membahas tentang penolakan dan pemulihan Israel. Penolakan, karena Israel telah "berselingkuh" dari Allah--menyembah berhala, dll. Akibatnya, berkat yang udah dikasih Tuhan itu diambil. Huaaaa >.< Pokoknya Tuhan murka sama bangsa tegar-tengkuk itu! Udah dikasih yang baik-baik, disuruh taat dikit aja malah ngomelnya turun-temurun *duh*. Nggak heran kalo Tuhan bisa semarah itu, bahkan menolak Israel dari hadapan-Nya. Tapi, apa nggak ada harapan bagi mereka untuk dipulilhkankah?

Wednesday, March 1, 2017

Hosea 1 dan Amsal 1

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, March 01, 2017 0 comments Links to this post
Hari ini, aku mulai Bible Reading lagi hehe :) Ada beberapa kitab yang akan kami baca selama bulan ini, tergantung jumlah hari dalam bulan ini (a.k.a. 31 hari). Yaaa, secara teknis menurutku ini sangat membantu lho, Horeee :D menjawab doa banget huehehe. Nah, hari ini (semoga) sampai seterusnya aku akan men-sharing-kan apa yang aku dapat dari Bible Reading.


Untuk mempermudah Bible Reading-ku, aku menggunakan sistem S.O.A.K (Scriptures. Observations. Application. Kneel in Prayer) / S.O.A.P. (Kepanjangan dari tiga huruf itu sama, kecuali P yang artinya Prayer). Jadi biar lebih asik gitu, dan dapet feel-nya. Huehehe.



So, let us start from Hosea 1 and Proverbs 1! ^^



https://id.pinterest.com/pin/108438303498894596/
--**--

Tuesday, February 28, 2017

John

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, February 28, 2017 0 comments Links to this post



Wah, udah mau ganti bulan aja -.- which means aku udah nggak nulis di sini selama dua minggu! Huhu. Maafkeun kesibukan saya yak :') janji deh, besok-besok bakal lebih rajin nulis lagi (semoga bukan wacanaaa).


Oke, berhubung mulai bulan depan ada program Bible Reading yang mulai berjalan (Bible Reading for Women, dan aku yang paling muda huahahaha :"D), jadi aku sadar bahwa postingan tentang Injil Yohanes pun juga kudu kelar. Well, langsung sajhaaa. Here it is~~

Tuesday, February 14, 2017

Yohanes 7--9

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, February 14, 2017 0 comments Links to this post
Sebenernya udah kelar baca Yohanes sejak berhari-hari yang lalu sih. Tapi selalu jha ada yang bikin nggak bisa nulis di sini :" hiks. Yasudahlah huehe. Maafkeun yak.

Setelah ada enam pasal yang dibahas, maka selama beberapa hari ke depan akan ada ada lima belas pasal yang dibahas. Yap, lima belas, yang bahkan nggak semua perikopnya tertulis di tiga Injil lainnya. But it shows that John is one of Jesus' inner circle :) Oke, langsung aja yaaa. 


Friday, February 10, 2017

When He is Out of Your Expectation

Posted by Tabita Davinia at Friday, February 10, 2017 0 comments Links to this post
Beberapa orang berpikir bahwa, "Wah, Vinia / Tabita udah punya pacar! Cieciecie... PJ, PJ (pajak jadian :p)~" itu sesuatu yang bener-bener di luar dugaan. Iya, karena aku emang nggak keliatan punya niat buat pacaran sekarang (lol!). Tapi ups! dugaan mereka salah, because I have bf rn :) Thanks God for giving me a bf who will be my future spouse. Let's call him as Koted. Iya, karena dia delapan taun lebih tua dariku (udah mau kepala tiga dia! Wkwkwk) :p buakakakakaka. Tapi kecintaannya pada generasi muda itu yang bikin kagum :)

Ada buaaanyaaakkk hal yang kami lalui sejak kami memutuskan untuk berkomitmen satu sama lain, dan itu menolong kami untuk semakin bertumbuh di dalam Tuhan :)

Saturday, February 4, 2017

Yohanes 4--6

Posted by Tabita Davinia at Saturday, February 04, 2017 0 comments Links to this post
Beberapa highlights yang kudapat dari BR kemarin adalah:

1. Kisah si wanita Samaria
2. Pegawai istana di Kapernaum
3. Roti Hidup


Wahahaha banyak ya :p Makanya baru ku-post hari ini hehe. Nah, daripada lama-lama langsung baca aja yaa. Please prepare your Bible to read it based on my highlights :)

Wednesday, February 1, 2017

Yohanes 1—3

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, February 01, 2017 0 comments Links to this post
Penulis kitab ini—walaupun nggak disebutkan secara gamblang—adalah Yohanes, salah satu murid Yesus (dan juga termasuk inner circle-Nya). Nah, kalo tiga kitab sebelumnya (Matius-Markus-Lukas) diawali dengan kelahiran dan pelayanan-Nya, maka kitab ini cukup antimainstream. Kenapa? Karena kitab ini dimulai dengan pernyataan, “Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah” (Yohanes 1:1). It means Allah itu kekal, dari dulu sampai selama-lamanya Dia tetap ada.

Oh, ya. Sebagian besar peristiwa yang tecatat di Injil Yohanes ini nggak tercatat di tiga kitab Injil lainnya, lho. Hayo, kenapa? :p Tentu kita tahu bahwa apa yang dilakukan seseorang itu (biasanya) diketahui oleh inner circle-nya, termasuk Tuhan Yesus. Emang nggak ditulisin sih, alasan kenapa cuma Yohanes yang menuliskan Injil ini (padahal masih ada Petrus dan Yakobus). Tapi dengan berbagai kemungkinan yang ada, maka menurutku jelas aja kalo banyak peristiwa yang ditulis di dalamnya itu nggak ada di tiga kitab Injil lainnya. Karena Matius bukan termasuk inner circle-nya Yesus (inner yang bener-bener inner), Markus dan Lukas yang hidup setelah kenaikan Yesus ke sorga. Hmm, maafkan pengetahuan Alkitabku yang terbatas ini ya -.-

Oke, ayo kita bahas mulai dari pasal satu :)

Monday, January 30, 2017

New Look!

Posted by Tabita Davinia at Monday, January 30, 2017 0 comments Links to this post
Haii!  ^^ seneng banget bisa nulis lagiii yayyyy!! FYI, hari ini aku udah mulai kuliah lagi (semester empat wawawaaa~). Huehehehe... Mungkin kesempatan buat nulis di blog bakal tambah susah *sigh*. Dateng bentar, pergi lama. Wkwkwk... *ampunn*.


Anyway, setelah berkutat selama beberapa jam, akhirnya aku memutuskan buat pakai template ini sebagai template blogku. Yay! Kenapa? Hmmm, sebenernya nggak ada alasan apa-apa sih. Huehehe. Aku cuma cari template yang punya tiga kolom, jadi biar blogku nggak sepi :( wkwk. Trus aku juga mau (sebisa mungkin) template-ku nyambung sama judul blognya. Akhirnyaa... ketemulah template ini. Oya, FYI lagi. Aku nggak suka warna ijo. Iyes, warna ijo untuk baju terutama! Hahaha. Tapi kalo buat ginian sih, masih (agak) nggak apa-apa huehe. Padahal kalo bisa, warna ijonya jangan terlalu banyak. Dan dapetnya gini. Yaudahlah, disyukuri aja :p wkwkwk...



So, selamat menjelajah blog ini, yakkk. Wkwkwk. Pastikan kalian siap, karena ada berjibun post lebay dan nggak masuk akal dari post-post lama. Huehe :p

Thursday, January 19, 2017

Resolusi yang Harus Disegerakan

Posted by Tabita Davinia at Thursday, January 19, 2017 0 comments Links to this post
Happy (soooo belated) new year, fellas!! :D Nggak kerasa sekarang udah tahun 2017; dan sekarang udah hari ke-19 dari 365 hari di dalamnya! Wow, time flies too fast! Wkwkwkwk...


Okay, so what’s my resolution for 2017? Hmmm.... pertama, aku mau rajin saat teduh (SaTe), bible reading, dan ber-KTB ria dengan kelompok KTB-ku *wahahaha di-rampel sekalian yak* :D yup, resolusi pertamaku di tahun baru selalu berkaitan dengan kehidupan rohaniku. Pentingnya punya KTB udah beberapa kali kubahas di sini (bisa cari-cari di blog ini, dengan label KTB hehe :p)
 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea