Tuesday, April 4, 2017

Matius 4 dan Amsal 4

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017
S: Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajaah engkau berbakti!" (Matius 4:10, TB)

O: Ayat ini berada dalam perikop di mana Yesus sedang dicobai oleh Iblis di padang gurun. Setelah berpuasa 40 hari dan 40 malam, Iblispun datang dan mencobai-Nya. Pencobaan pertama itu waktu Yesus disuruh mengubah batu menjadi roti. Hmm... abis puasa sebulan lebih, mestinya laper dong ya. Apalagi kan, Dia sama sekali nggak makan apa-apa. Di padang gurun, pula. Tapi Yesus menegaskan bahwa "Ada tertulis: manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Wah, sip. Yesus menang. Skip.


Pencobaan kedua adalah *drum's rolling* waktu Yesus disuruh menjatuhkan diri dari bubungan bait Allah. "Kan, nanti malaikat bakal dateng terus nampani (bahasa Jawa dari menatang :p) Engkau," kata Iblis (mana pake kutip ayat segala haha). Dan Yesus bilang, "Ada tertulis, janganlah engkau mencobai Tuhan, Allahmu!". Yay. Dia menang lagi. Skip.

Pencobaan yang terakhir ini nih, yang bikin geregeten. Iya, Yesus disuruh nyembah Iblis biar dapet kekuasaan di dunia ini. Lah. Aneh, kan? Padahal Yesus jauh lebih berkuasa daripada Iblis. Tapi Yesus bilang kaya' ayat di atas. Yay. Iblis kalah :p hehe. Tapi eitt. Iblis mundur dan menunggu saat yang tepat untuk balik menjatuhkan Dia (Lukas 4:13).

Setiap perkataan Iblis itu dibalas Yesus dengan "ada tertulis". It is written. Yesus tahu bahwa dalam firman Allah ada kata-kata demikian. Kata-kata itulah yang digunakan-Nya ketika Iblis mencobai-Nya. Hm, emang penting yaa.. buat baca firman Tuhan tiap hari. Karena tanpa firman Tuhan, hidup kita bakal lebih mudah digoyahkan oleh pergumulan dan tantangan :) Pernah merasa kekeringan rohani? Well, itu artinya kita perlu balik baca firman Tuhan lagi. Kembali haus dan lapar akan firman-Nya yang memuaskan hati kita.

 A: Noted: Baca firman Tuhan tiap hari dan sebelum beraktivitas. Minimal saat teduh (SaTe) dulu, baru Bible Reading (BR) :B hehe. Biasanya sebelum kuliah ato pergi ke mana gitu, aku SaTe dulu. Bukannya nggak mentingin BR, tapi kadang susah buat bangun lebih pagi dan bisa BR  -.-" #sigh. Dan kalo baca di perikop-perikop berikutnya, aku rindu buat jadi pengikut Kristus yang bener-bener meneladani-Nya. Ga cuma pake polo Not a Fan (FYI, tiga-empat tahun yang lalu gerejaku pernah jualan polo ginian soalnya heheu) :p Percuma pake polo maupun baca sampe tuntas itu buku Not a Fan, tapi hidupnya masih egois, nggak memaksimalkan hidup kaya' yang Tuhan mau...

P: Lord, please help me to keep reading and doing Your Words, for Yours are encourage me to keep my life holy in You. Amen.


--**--


Proverbs of Today -- Chapter 4


Ayat 13 :D Hold on to instruction, do not let it go; protect it, because it is your life (NET).
Amsal di atas bilang biar kita nggak ngelepasin hikmat yang udah kita dapet. Jaga hikmat itu (dan lakukan!), karena (kalo menurut BIMK) dengannya hidup kita akan berhasil. Berhasil di mata Tuhan, tentunya :) Yap, dengan segala kebenaran yang relatif di dunia ini, tentu kita nggak bisa berpegang pada salah satunya (di sini boleh gini, di sana nggak boleh). So we need to go back to the Bible. Cari tahu apa yang Tuhan mau, bukan apa yang kita mau. Kalopun sampe detik ini hidup kita flat aja, nggak naik (ato malah turun), hmmm... tunggu upahnya saat di kerajaan kekal nantinya :) Yuk, sama-sama berjuang buat jadi hamba yang setia :) *dari perkataan, pikiran, dan tindakanku, aku harus menunjukkan Kristus di dalamnya*.

Tuhan, ajar aku buat jadi hamba yang setia dan mau tetep pegang firman-Mu, sesulit apapun kondisinya. Aku bersyukur karena Engkau bukanlah Tuhan yang meninggalkan umat-Mu untuk berjuang sendirian. Amin :)

0 comments:

Post a Comment

 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea