Friday, April 28, 2017

Matius 22 dan Amsal 22

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 28, 2017 0 comments Links to this post
S: And he said to him, ‘Friend, how did you get in here without wedding clothes?’ But he had nothing to say – Matthew 22:12 (NET)

O: Dateng ke kondangan orang tentunya bukan berarti kita bisa pake baju seenaknya (contoh: cuma pake kaos sama celana jeans ¾--mau dolan po? -.-“ wkwk).

Thursday, April 27, 2017

Matius 21 dan Amsal 21

Posted by Tabita Davinia at Thursday, April 27, 2017 0 comments Links to this post
S: Ia pergi kepada anak yang sulung dan berkata: Anakku, pergi dan bekerjalah hari ini dalam kebun anggur. Jawab anak itu: Baik, bapa. Tetapi ia tidak pergi. - Matius 21:28--29

O: Aku pernah bercanda ke temenku (dan juga kujadiin status di WA :p), "Tiga huruf, tapi menunda segalanya:

Matius 20 dan Amsal 20

Posted by Tabita Davinia at Thursday, April 27, 2017 0 comments Links to this post
S: Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati? - Matius 20:15 (TB)

O: Siapa yang nggak jengkel; udah kerja mati-matian, berjam-jam... eh, diupahnya sama kaya' yang cuma kerja sejam. Uenaakk men ya -.-" wkwk. Ehh, terus si tuan bilang kaya' ayat di atas. Dan para pekerja itu cuma diem (eh, nggak diceritain sih, apa yang terjadi setelahnya. Oke, skip).

What's the value of the story?

Wednesday, April 26, 2017

Matius 19 dan Amsal 19

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 26, 2017 0 comments Links to this post
(masuk ke buku baru yay :p)

S: Demikianlah mereka bukan lagi dua, melainkan satu. Karena itu, apa yang telah dipersatukan Allah, tidak boleh diceraikan manusia -- Matius 19:6

Matius 18 dan Amsal 18

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 26, 2017 0 comments Links to this post
S: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya (Petrus): Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali." - Matius 18:21b--22 (TB)

Friday, April 21, 2017

Matius 17 dan Amsal 17

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 21, 2017 0 comments Links to this post
S: "'Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia dan mereka akan membunuh Dia dan pada hari ketiga Ia akan dibangkitkan.' Maka hati murid-murid-Nya itu pun sedih sekali." - Matius 17:22b--23

O: Lagi-lagi Yesus ngomong tentang penderitaan-Nya. Tapi nggak ada yang kaya' Petrus waktu Yesus ngebahas itu pertama kali (baca di sini). Nah, walopun Yesus udah bilang Dia akan dibangkitkan tiga hari setelah Dia wafat, tetep aja para murid-Nya sedih. Yaa~ secara manusiawi, wajarlah ya, kalo ada orang yang kita sayangi meninggal. Mungkin itu pula yang dirasakan Petrus dkk. ketika mereka akan kehilangan Guru yang mereka hormati dan kasihi.

Matius 16 dan Amsal 16

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 21, 2017 0 comments Links to this post
S: But he turned and said to Peter, "Get behind me, Satan! You are a stumbling block to me, because you are not setting your mind on God's interests, but on man's" (Matthew 16:23)

O: Lho, kan baik to, maksudnya Petrus? ._. Kok, malah dimarahi? Well, mungkin itu pula yang dipikirin Petrus. Tapi nggak gitu dengan Yesus. Yesus tahu apa yang dipikirkan Allah--dan itu pula yang ingin Dia lakukan! Sedangkan Petrus (waktu itu) nggak tahu, dan cuma mikirin enaknya aja.

Thursday, April 20, 2017

Matius 15 dan Amsal 15

Posted by Tabita Davinia at Thursday, April 20, 2017 0 comments Links to this post
S: "And why do you disobey the commandment of God because of your tradition?" - Matthew 15:3, NET

O: Bangsa Yahudi tuh, dikenal sebagai bangsa yang sangat memperhatikan tradisi. Gini ga boleh, gitu juga salah... Hm, jadi inget sama ceritanya Ko Daniel K. G. (a. k. a. koko pendeta masih 30 taun #huahaha #lol #ampunkodan :p) di kebaktian Minggu tanggal 9 April lalu

Wednesday, April 19, 2017

Matius 14 dan Amsal 14

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 19, 2017 0 comments Links to this post
S: Jawab mereka: "Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan". Yesus berkata: "Bawalah kemari pada-Ku" (Matius 14:17--18)

    Dan setelah orang banyak itu disuruh-Nya pulang, Yesus naik ke atas bukit untuk berdoa seorang diri. (Matius 14:23a)

O: Ada 5.000 orang laki-laki (ga termasuk perempuan dan anak-anak, ayat 21). Ga ada makanan. Hari hampir gelap. Wah, kacau. Dan yang ada di situ... cuma lima roti dan dua ikan (yang dibawa anak kecil, Yohanes 6:9). Duh, mana mungkin cukup, kan? Mau secuil sekecil apapun nggak bakal bisa mengenyangkan -.-"

Tuesday, April 18, 2017

Matius 13 dan Amsal 13

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 18, 2017 0 comments Links to this post
S: "Yang ditaburkan di tanah yang baik ialah orang yang mendengar firman itu dan mengerti, dan karena itu ia berbuah, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh kali lipat, ada yang tiga puluh kali lipat" -- Matius 13:23

O: Baca tentang penabur di sini, aku jadi inget lagi di PKJ 226 (Adalah Seorang Menaburkan Benih), bait 1:
Adalah seorang menaburkan benih
jatuh benih di jalan dan burung memakannya
Firman itu baik, benih kasih bagimu,
dan orang yang menolak binasa s'lamanya

Matius 12 dan Amsal 12

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 18, 2017 0 comments Links to this post
S: "Jikalau suatu pohon kamu katakan baik, maka baik pula buahnya; jikalau suatu pohon kamu katakan tidak baik, maka tidak baik pula buahnya. Sebab dari buahnya pohon itu dikenal"- Matius 12:33

O: "Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya". Yap, artinya bahwa anak itu mirip orang tuanya--termasuk dalam fisik (walopun nggak 100% juga, sih. Ada juga yang campuran dari kakek-neneknya). Aku sering dibilang mirip sama papa-mamaku :) Yaudah sih, mikirnya mah, "Wah, berarti emang nggak ketuker anaknya" :p LOL.

Tuesday, April 11, 2017

Matius 11 dan Amsal 11

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" (Matius 11:6)

NB: setiap nama "Yohanes" yang muncul menunjuk pada Yohanes Pembaptis, bukan Yohanes adik Yakobus. So, be careful! :)

How to Having Devotional Time?

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
Guten Abend!! :) Hayo, siapa di sini yang masih rajin having devotional time  (a. k. a. saat teduh (SaTe)) sama Bible Reading (BR)? (Lah, nongol-nongol udah kasih pertanyaan maut :p)


Eh, dua-duanya nggak dijalanin? ._. SaTe-nya juga? ._. Waaa... Padahal dua-duanya itu penting lho. Bukan cuma penting lagi. Tapi kita butuh itu buat disiplin rohani kita! :B (meringis.com) Nah, mungkin ada yang tanya, "Gimana sih, caranya SaTe sama BR yang efektif?" "Gimana sih, biar kalo baca Alkitab itu nggak spaneng?" "Boleh nggak, kalo cuma baca ayat sama renungannya langsung? Jadi nggak baca Alkitab?". Okeee.. yuk, kita bahas satu-satu :)

Matius 10 dan Amsal 10

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "See, I send you out as sheep among wolves. Be then as wise as snakes, and as gentle as doves" (Matius 10:16, BBE)

    "To everyone, then, who gives witness to me before men, I will give witness before my Father in heaven" (Matius 10:32, BBE

O: Dua ayat di atas diungkapkan Yesus setela Dia memanggil kedua belas rasul-Nya (hayo sebutin siapa aja :p).

Matius 9 dan Amsal 9

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." (Matius 9:37b--38, TB)


O: "Everyone needs Jesus!". Kalimat ini pasti sering kita denger, kan? :) Dan emang bener, kok. Siapapun butuh Yesus! Tapiii~ orang yang bersedia dipakai Tuhan untuk memberitakan nama-Nya cuma sedikit.

Jadi inget sama KTB di gereja.

Matius 8 dan Amsal 8

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Tuan, aku tidak layak menerima Tuan di dalam rumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh" (Matius 8:8, TB)

    "Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?" (Matius 8:26, TB)


O: Dari ayat 8 dan 26, Tuhan ingatkan aku akan dua hal:

Matius 7 dan Amsal 7

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 11, 2017 0 comments Links to this post
S: "Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?" (Matius 7:3, TB)

O: Kenal dengan peribahasa kuman di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak? Nah, peribahasa ini punya makna yang sama dengan ayat di atas. Yaaa.. jujur nih, ngomongin tentang keburukan orang lain tuh, emang enak ya :p  "Eh, si A kan gini gitu" "Iya, tuh. Munafik lah ya dia itu" --> tapi dianya juga munafik. Haha. Yang penting kan, bukan kitanya yang dibahas :p Semakin digosok, semakin sip #thepowerofgossipers

Friday, April 7, 2017

Matius 6 dan Amsal 6

Posted by Tabita Davinia at Friday, April 07, 2017 0 comments Links to this post
S: Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. (Matius 6:3, TB)

     Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian?  (Matius 6:25, TB)

Wednesday, April 5, 2017

Jam Mr. Roger

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 05, 2017 0 comments Links to this post
Jadi ceritanya, beberapa waktu yang lalu aku pernah ikut lomba bikin cerpen di Line. Tapi berhubung ceritanya (mungkin) sooo krik krik, jadi nggak menang deh :p Hehe. Makanya kutaruh di sini lol. So, ini dia :) Btw, maafkan daku kalo ceritanya gaje dan ambigu haha.

--**--


Suasana di asrama kampus Eustachiusa Dumbledore sangat sepi. Hanya ada suara jangkrik dan hembusan angin yang terdengar. Entah karena mahasiswa di sini adalah mahasiswa strata dua (S2), jadi sebagian besar waktu digunakan untuk mengerjakan tugas dan penyelesaian tesis. Hm... tetap saja, suasananya terlalu kelewat sepi kalau begitu.

Matius 5 dan Amsal 5

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, April 05, 2017 0 comments Links to this post

https://www.pinterest.com/prtyizs/scriptures/
S: "Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna." (Matius 5:8, TB)

Tuesday, April 4, 2017

Matius 4 dan Amsal 4

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
S: Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajaah engkau berbakti!" (Matius 4:10, TB)

O: Ayat ini berada dalam perikop di mana Yesus sedang dicobai oleh Iblis di padang gurun. Setelah berpuasa 40 hari dan 40 malam, Iblispun datang dan mencobai-Nya. Pencobaan pertama itu waktu Yesus disuruh mengubah batu menjadi roti. Hmm... abis puasa sebulan lebih, mestinya laper dong ya. Apalagi kan, Dia sama sekali nggak makan apa-apa. Di padang gurun, pula. Tapi Yesus menegaskan bahwa "Ada tertulis: manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah." Wah, sip. Yesus menang. Skip.

Matius 3 dan Amsal 3

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
Matius 3

S: “Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.” (Matius 3:8,TB)

O: Waktu itu Yohanes Pembaptis baru ngomong agar bangsa Israel bertobat, karena Kerajaan Sorga sudah dekat. Kerajaan itu “diwakili” dengan kehadiran Yesus di dunia pada masa itu. Beberapa hal yang kupelajari di sini:

Matius 2 dan Amsal 2

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
Matius 2


S: Maka Tusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir... (Matius 2:14, TB)

O: Bayangin perasaan kita waktu tidur, terus tiba-tiba dibangunin lewat mimpi dan disuruh buat ngelakuin ini itu. Plus, semua mimpi itu datengnya dari Tuhan. Hmmm.. pasti rasanya males ya -_- Baru enak-enak tidur, kok malah disuruh gini gitu. Tapi itulah yang dialami Yusuf, baik di pasal 1 dan 2. Dalam dua pasal itu, Yusuf memperoleh perintah dari Tuhan melalui mimpi sebanyak tiga kali (Matius 1:18—25, Matius 2:13—15, dan Matius 2:19—23), atau malah empat kali (baca Matius 2:22—23).

Matius 1 dan Amsal 1

Posted by Tabita Davinia at Tuesday, April 04, 2017 0 comments Links to this post
Phew... abis baca empat kitab nabi kecil selama bulan Maret, bulan ini bacaannya dari Matius, 2 Yohanes, dan 3 Yohanes :) Anyway, bagi kalian yang penasaran kok, sejak bulan lalu aku sharing rhema di sini, kalian bisa cek sini ya. Yuk, sama-sama belajar buat Bible reading dan ngelakuin apa yang udah kita dapet :D


--**--
 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea