Tuesday, April 11, 2017

Matius 11 dan Amsal 11

Edit Posted by with No comments
S: "Dan berbahagialah orang yang tidak menjadi kecewa dan menolak Aku" (Matius 11:6)

NB: setiap nama "Yohanes" yang muncul menunjuk pada Yohanes Pembaptis, bukan Yohanes adik Yakobus. So, be careful! :)


O: Ayat ini muncul setelah murid-murid Yohanes bertanya pada Yesus (well, ini sebenernya pertanyaannya Yohanes Pembaptis) tentang diri Yesus sendiri. "Engkaukah yang akan datang itu atau haruskah kami menantikan yang lain?" tanya mereka. Yesus pun menjawab, "Pergilah dan katakanlah kepada Yohanes apa yang kamu lihat: orang buta melihat, orang lumpuh berjalan, orang kusta menjadi tahir, orang tuli mendengar, orang mati dibangkitkan dan kepada orang miskin diberitakan kabar baik" (bisa baca di Matius 11:4--5). Nah, jawaban Yesus itu seperti yang telah dinubuatkan dalam Yesaya 35:5--6, 61:1 --> and He did it! :O Waaa~ tentu si Yohanes seneng, dong. Pekerjaannya sebagai pembuka jalan itu berhasil.

Tapi dari pertanyaan di atas, mungkin aja Yohanes galau dan mengharapkan Yesus dateng dan bebasin dia (FYI, peristiwa ini terjadi setelah Yohanes dipenjara karena menegur Herodes yang mengambil istri saudaranya. Buka Alkitab dan baca aja ceritanya). Ehh, bukannya pake mujizat lalala, Yesus malah ngomong gitu. But I'm sure that John would be more joyful and grateful when he knew truly that Jesus is The Messiah. Mungkin ada perasaan heran, kok Yesus nggak nyelametin dia. Tapi Yohanes mau tetep taat dan menyelesaikan tugasnya dengan setia. Akhir hidupnya, seperti yang kita tahu, menyedihkan: kepalanya dipenggal. Tapi imannya tetep teguh dalam Sang Mesias itu.

Ada harga yang harus dibayar buat jadi pengikut Kristus. Ga mudah, lho, buat pay the cost... Yang dikucilin lah, yang digoda buat disuap lah, terancam ga punya Godly community (FYI, ini bisa aja terjadi ketika hidup kita yang berusaha memancarkan citra Kristus malah jadi rusak karena komunitas yang ada nggak melakukan hal yang sama)... Berat? Iya. Tapi bersyukurlah! Kita punya Bapa yang nggak meninggalkan kita. We can pray in Him everytime :) We are not alone...

Tetep pegang iman kepada-Nya sampai akhir :) Inget. Kita nggak berjuang sendirian, kok. Di luar sana, ada banyak anak Tuhan yang juga berjuang mempertahankan iman mereka dalam Kristus. Mau di-bully sekejam apapun, mereka tetep setia. Dan penderitaannya nggak cuma soal fisik, tapi juga secara emosional dan psikis. Wah!! Tapi mereka mau tetep taat sampai akhir! >.< Hmm, gimana denganku, yang masih bisa beribadah dan bersekutu dengan aman dan bersama saudara seiman?


But once again: Don't be afraid. God is with us. He is Imannuel, who also said, "Blessed them who don't take offense at me"

A: Aku nggak mau malu buat mengakui Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamatku :) Yaa~ walopun di sini tuh, susah banget buat bersekutu (enggak se-Godly yang aku harapkan sebenernya huhu), tapi aku mau tetep jaga relasi yang baik sama mereka. Kasih dampak yang baik (kan, kita garam dan terang dunia. Ga boleh diem aja kalo ada yang salah), misalnya ngomong tanpa kata-kata kasar, tegur pelan-pelan... Kalo dianggep freak, ga perlu marah. Toh Tuhan Yesus pun dihina banyak orang, sekalipun Dia adalah Sang Mesias yang dinantikan itu.

Bring your Godly characters as long as you live.

P: Lord, please help me to keep standing my faith in You. Though it's not easy, but I will do it. I also thank You for my church's youth community. They're one of my encouragement (and the reason) I stand in You :) Amen!


--**--


Proverbs for Today -- Chapter 11

Ayat 3 :) "Orang yang jujur dipimpin oleh ketulusannya, tetapi pengkhianat dirusak oleh kecurangannya". Jadi orang jujur emang susah ._. Ga cuma orang jujur, mau jadi orang yang bawa dampak baik itu susahnyaaaaaa minta ampun! -_-" Tadi siang baca beritanya salah satu penyidik KPK yang disiram air keras setelah dia menjalankan kewajiban beribadahnya pagi-pagi. Ya ampun........ Ga tau deh, kudu bilang apa selain, "Jahat banget". Padahal saat ini, penyidik itu baru menangani kasus e-KTP (yang katanya dikorup dananya). Duh, duh... kesel. Tapi bersyukur karena di negara ini masih ada orang yang mau jujur! :) Emang ga gampang (dan pasti banyak yang benci), tapi Tuhan akan bukakan jalan buat mereka yang mau taat. O Lord, please help me to keep honest in every circumstances... terima kasih, karena masih ada orang yang mau mengedepankan integritas mereka di hadapan-Mu :) Tolong aku, agar dalam kejujuranku orang lain dapat melihat Engkau dan memuliakan-Mu. Amin.

0 comments:

Post a Comment