Follow Me @aoifide_artworks

@aoifide_artworks

Minggu, 17 Agustus 2014

Pemuridan, Bertumbuh, Cell-Group

Guys, tahu arti dari kata ‘bertumbuh’ kan? :) Bertumbuh berarti ‘pertambahan volume yang nggak bisa kembali seperti semula’. Maksudnya nih, nggak mungkin kan, kita yang udah remaja-pemuda tiba-tiba balik lagi jadi anak umur 5 tahun?? Wkwkwk... Tapi, tapi... pemuridan? Cell-group?? Haduhhh “Ini istilah apalagi ini coba?? -__-
Bareng C' Rika haha
at "The Christmas
Story"
14.12.2013


Waktu aku baru masuk Komisi Remaja, aku malah nggak tahu sama sekali istilah-istilah itu. Maklum aja deh, masih kelas 2 SMP, baru aja mengalami trauma buat cerita tentang co sama temen-temen, dan... masih belum percaya kepada Kristus secara pribadi.
But everything has changed when God called me, when He showed me that He had sacrifice Himself to save me. Wow, aku langsung speechless, Guys waktu ikut Paskah Remaja-Pemuda itu 3 tahun yang lalu (karena waktu itulah aku menerima Dia sebagai Tuhan dan Juru Selamat pribadiku :))


Dan sejak lahir baru itu, aku mulai ikut KTB (Kelompok Tumbuh Bersama, kelompok pemuridan) Remaja-Pemuda, dibimbing C’ Rika. Awalnya aku nggak mudeng alesan kenapa aku kudu ikut KTB. Waktu itu aku cuma mikir, “Oh, tiap Rabu itu ada KTB. Ada PR yang kudu kugarap dari situ”. Haha. Tapi sedikit demi sedikit, Tuhan pakai setiap pelajaran yang ada dari KTB itu di dalam hidupku. Salah satunya udah pernah aku post-in di blog :p



At C' Eva-K' Ronny's
Holy Matrimony :)
02.03.2014

Beberapa waktu kemudian, KTB-ku sempet berhenti (selain karena aku ujian nasional dan mulai ikut Kambium). Hm, awalnya aku mikir, “Kan aku masih tetep bisa ikut komunitas pertumbuhan lewat Kambium to, nggak cuma lewat KTB doang”. But I was wrong :p 



Beberapa bulan yang lalu *setelah aku KTB lagi plus sama C’ Esther*, ada yang cerita ke aku how was her struggle to have cell-group with me again (entah kenapa aku langsung nangis :’ merasa seperti anak terhilang #duh). Di situlah aku sadar, bahwa pemuridan adalah pelayanan seumur hidup. Lewat pemuridan, iman kita bisa bertumbuh sedikit demi sedikit. Lewat pemuridan juga, kita bisa belajar untuk mendalami firman Tuhan bersama sodara seiman kita. Dan dari situ juga, kita bisa dipersiapkan untuk memuridkan orang lain :)


Aku nggak tahu apakah di gereja ato komunitas kalian ada pemuridan ato nggak. Tapi satu yang aku tahu pasti, we need discipleship. Kenapa? Karena akibat dari ketidak-adanya pemuridan itu parah  banget Guys. Tanpa adanya pemuridan, jangan harap gereja bisa bertahan sampai 20 tahun ke depan. Tanpa adanya pemuridan, aku nggak yakin masih ada anak muda yang punya kerinduan untuk melayani Tuhan.


“Lhoooo, di gerejaku nggak ada cell-group :( padahal aku pengen banget buat bisa bertumbuh, ada yang bisa diajak curhat~”


Don’t worry, Guys. Tuhan pernah bilang kan, Mintalah, maka akan diberikan padamu. Carilah, maka kamu akan mendapat. Ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Kalo kita bener-bener butuh pembimbing rohani (yang se-gender ya :p), ask God first. Percaya deh, Tuhan pasti kasih pembimbing yang tepat buat kita kok :)
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapet dari pemuridan (baik lewat KTB, Kambium, cell-group, apapun itu):


1. Bisa belajar untuk bertumbuh di dalam anggota keluarga Kristus

On The Christmas Story, Dec. 14th, 2013 :)

Guys, dengan adanya pemuridan, kita bisa dibentuk Tuhan lebih lagi. Awalnya, kita akan diingatkan lagi tentang jalan keselamatan (melalui Kristus). Trus dikuatin lewat jaminan yang Tuhan kasih ke kita *jaminan itu yang bikin kita yakin atas penyertaan Tuhan :B*. Abis itu, mulai belajar tentang disiplin rohani, semakin dibentuk Tuhan lewat pertumbuhan iman, dst. Hehe.


2. Bisa punya pembimbing buat diajak curhat

 Family of KTB wkwkwk
Pergumulan akan terasa lebih ringan kalo kita cerita ke pembimbing rohani (ato sodara-satu-KTB kita). Aku punya pengalaman tentang itu soalnya haha. Dulu aku sempet ada masalah sama temen co-ku, trus aku curhat ke pembimbingku (plus beberapa orang lagi) itu lho :p dan pembimbing rohaniku menolongku untuk bisa tetap mengasihi si co apa adanya, harus bisa mengampuni dia, dan nggak diem dieman lagi. Hehe


3. Bisa punya kakak dalam keluarga Tuhan
KTB-ers sejak dulu
sampe sekarang :) wanna join us?
#KTB #birthday
#D' Colonels #Manahan

Nah, kalo ini  nggak terbates sama cell-group doang sih. Kakak rohani sebenernya bisa kita dapet dari persekutuan di tempat kita :D contoh aja nih. Dulu aku nggak begitu deket sama orang-orang di Komisi Pemuda. Tapi setelah melewati berbagai hal, akhirnya jadi bisa deket deh (termasuk bisa curhat dan dolan bareng wkwkwk). Kehadiran mereka dalam hidupku itu bener-bener precious buatku, yang nggak punya kakak kandung #pukpuk wkwkwk



“Oh, oke Vin. Tapiiii... syarat buat pembimbing rohaniku gimana yaa??”

Nahhh, C’ Grace Suryani pernah nulis tentang ini di post-nya. Aku coba ringkas ya :)


1. Mereka adalah orang-orang yang imannya bertumbuh

Kalo ini hukumnya wajib Guys. Kalo kita ndilalah dapetnya pembimbing yang SaTe-nya nggak jalan, hidupnya urak-urakan, jadi batu sandungan, waduh. Repot ntar! Kita bisa aja kehilangan figur pembimbing rohani yang seharusnya, kalo kita salah milih! So, carilah seseorang yang dewasa di dalam iman dan karakternya, dan dia adalah orang yang paling bisa kamu percayai :)


2. Satu gender

Kenapa harus satu gender?? Karenaaaaa kalo nggak satu gender, bisa aja ada conflict of interest. Misal, kakak KTB-ku co, dan aku (ternyata) suka sama co lain *kata temenku friendzone wkwk*. Wah, bisa-bisa nggak objektif ntar pendapat si kakak KTB co ini hehe


3. Mereka bisa kamu temui dalam dunia nyata

Kalo kalian justru pengen punya pembimbing rohani di dunia maya, waduhhh... coba pikir deh. Mereka kan (belum tentu) tahu tentang kita, pergumulan kita dengan pasti. Yang bisa tahu ya cuma orang-orang di sekitar kita. Jadiii, carilah kakak rohani yang bisa kalian temui di dunia nyata ya :) semangat! Hehe

Dalam masa jomblo, kalian akan lebih bisa fokus untuk bertumbuh lewat kelompok pertumbuhan ini. Hehe. Soo... Siapkah kalian untuk memulai kelompok pertumbuhan dengan pembimbing rohani kalian? :)


Dedicated to RemPemCo’s KTB and Coyudan’s Kambium  family :)
Tetep semangat buat bertumbuh di dalam Tuhan ya, Guys. Love ya so much! ^^
PS: this part is (especially) dedicated for C’ Rika, my spiritual mom and C’ Linda, my spiritual niece (lol), whose birthday on Aug. 17th, 2014. Happy birthday, C'!! :D

16.08.2014


21:21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar