Search This Blog

Friday, April 7, 2017

Matius 6 dan Amsal 6

S: Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu. (Matius 6:3, TB)

     Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting daripada makanan dan tubuh itu lebih penting daripada pakaian?  (Matius 6:25, TB)


O: Ada dua ayat yang stuck di aku hari ini :)

a. Matius 6:3
"Kenapa kalo berbuat baik itu ga boleh ketahuan? Kan, itu perbuatan baik! Bisa memberkati dan menginspirasi orang lain, lho!". Iya, berbuat baik itu nggak salah. Tapi jadi salah kalo kita memamerkan perbuatan itu ke orang lain ("Wah, aku abis bantu si C. Habis dia giniginigitugitu"). Fokusnya bukan buat Tuhan, tapi buat dipuji orang lain. Nah, yang kaya' gini yang salah. Harusnya kita berbuat baik itu buat memuliakan Tuhan, bukan buat dilihat orang, "Ooo.. kamu itu ternyata baik ya. Loyal banget", terus mereka memuji kita. No! Fokusnya tetep Tuhan, bukan kita.

b. Matius 6:25
Wajar kok, kita khawatir. Sebagai manusia, kita bukan cenayang yang bisa meramal masa depan dengan tepat. Tapi kalo kita terlalu khawatir, sampe-sampe nggak inget kalo ada Tuhan yang akan menjadi Pemimpin kita, itu yang jadi masalah! Bersyukurlah karena Dia adalah Bapa yang setia dan nggak meninggalkan kita, so all of our needs will be provided completely. Jangan khawatir lagi ya :) Selalu bersyukur untuk segala sesuatu yang sudah Tuhan berikan hari ini, dan percaya bahwa kebutuhan besok juga pasti Dia sediakan.

A: Ada empat aplikasi yang bisa diterapkan sehubungan dengan dua ayat di atas:
    1. Selalu cek motivasi dalam berbuat baik. Buat dilihat orang kah? Ato buat memuliakan Tuhan?
    2. Belajar mencukupkan diri dalam segala hal. Nggak boros.
    3. Bersandar kepada Tuhan, dan percaya kepada-Nya. Yes! He is Our Provider! :)
    4. Selalu bersyukur! => hukum wajib :p


P: Thank You for being The Provider, O Lord... Please help me to always be grateful :) Ajar aku juga untuk mencukupkan diri dalam segala sesuatu (terutama dalam hal makan-minum! Huahahhaa muda tergoda :p) dan tentang gimana harus berbuat baik pada orang lain; bukan seperti yang aku mau, tapi seperti yang Engkau mau. Amin.


--**--

Proverbs for the day -- Chapter 6

Ayat 9 ._. Duh, dari bulan lalu udah diingetin buat nggak males. Tapi masih aja males. Masih ada dua jurnal yang harus dirangkum, dan satu UTS takehome (tapi puji Tuhan, sekarang tinggal satu jurnal yang harus di-review :)). Yaaaaaa~~ Tuhan ingatkan agar aku nggak jadi pemalas. Nggak mau, Tuhan.. aku nggak mau jadi pemalas >.< Please help me and forgive my laziness, Lord!!

No comments:

Post a Comment