Tuesday, April 4, 2017

Matius 2 dan Amsal 2

Edit Posted by with No comments
Matius 2


S: Maka Tusuf pun bangunlah, diambilnya Anak itu serta ibu-Nya malam itu juga, lalu menyingkir ke Mesir... (Matius 2:14, TB)

O: Bayangin perasaan kita waktu tidur, terus tiba-tiba dibangunin lewat mimpi dan disuruh buat ngelakuin ini itu. Plus, semua mimpi itu datengnya dari Tuhan. Hmmm.. pasti rasanya males ya -_- Baru enak-enak tidur, kok malah disuruh gini gitu. Tapi itulah yang dialami Yusuf, baik di pasal 1 dan 2. Dalam dua pasal itu, Yusuf memperoleh perintah dari Tuhan melalui mimpi sebanyak tiga kali (Matius 1:18—25, Matius 2:13—15, dan Matius 2:19—23), atau malah empat kali (baca Matius 2:22—23).

    
   Yang cukup bikin deg-degan dari mimpi di pasal dua tentunya waktu Yusuf dikasih tahu kalo Herodes akan membunuh Yesus ._. Wah, padahal waktu itu keluarga Yusuf-Maria-Yesus baru aja kedatangan tamu (orang-orang Majus dari Timus). Bisa aja mereka capek, terus mager buat pergi. Tapi mereka (khususnya Yusuf) mau taat. Mereka menyingkir ke Mesir dan tinggal di sana sampe ada panggilan dari Tuhan lagi buat balik ke Yudea lagi.
  
  Kepekaan emang harus diasah, karena Dia bisa pake siapapun dan apapun buat memberitakan firman-Nya. Dan kalo firman itu muncul, ya kita harus taat. Obey the Words, and the God’s will will be fulfilled. Taati firman Tuhan, agar kehendak-Nya terpenuhi. Karena bukan kita yang berhak mengatur hidup sendiri, tapi cuma Tuhan yang berhak :)

A: taat dalam segala firman Tuhan, termasuk dalam hal mencari kehendak-Nya. Hari itu (alias tanggal dua kemaren) SaTe-ku juga dari Daniel 10:1—14. Gimana bisa aku yakin doaku dijawab Tuhan, kalo akunya aja males berdoa? Ngerasa doa sekali aja cukup? No. Mau apapun jawaban Tuhan, aku harus tetep taat. Keep obeying, for I’m His servant, not the lord.

P: Tuhan, ajar aku untuk lebih peka dan taat terhadap firman-Mu. Ajar aku juga, ya Bapa, untuk lebih serius berkomunikasi dengan-Mu. Amin.


--**--


Proverbs of the day – Chapter 2


S: Sebab itu, tempuhlah jalan orang baik, dan peliharalah jalan-jalan orang benar. (Amsal 2:20, TB)

O: Semakin ke sini, semakin kerasa kalo kebenaran di berbagai tempat itu relatif. Contoh: di kota A kalo nggak pake helm bakal didenda sekian ratus ribu. Tapi kalo di kota B, udah biasa tuh kalo nggak pake helm (kagak dicegat pula). Dan masih ada banyak lagi contohnya ._. Terus, gimana dong biar kita bisa tetep hidup baik dan benar seperti yang Tuhan mau?

   Caranya cuma satu: mencari kehendak Tuhan senantiasa. Gimana mungkin kita bisa tahu kehendak-Nya, kalo kita aja males-malesan buat baca firman, ngantuk waktu doa, bahkan tidur waktu pemberitaan firman belangsung (jangan ditiru -.-)? Jadi inget kata yang bikin grup BR itu waktu awal-awal ikutan, “Iblis bisa pake celah yang ada buat bikin kita nggak fokus belajar firman Tuhan”.

A: Lebih serius buat belajar firman Tuhan (lagian sekarang zamannya udah canggih, Alkitab ada dalam bentuk buku maupun aplikasi). Sengantuk apapun, secapek apapun. Bersyukur karena di gereja (plus grup BR) ada beberapa orang yang rindu buat sharing firman Tuhan dan mau bertumbuh bareng :) Yaa.. semoga ke depannya bakal ada lebih banyak orang yang punya kerinduan yang sama ya :))


P: Tuhan, terima kasih untuk kesempatan yang Engkau berikan agar aku bisa belajar firman-Mu lebih dan lebih lagi. Tolong aku agar imanku tetap teguh di dalam Engkau, ya Bapa—dalam kondisi apapun. Amin.

0 comments:

Post a Comment