Follow Me @aoifide_artworks

@aoifide_artworks

Wednesday, May 28, 2014

SYC 2013: Terminator’s Salvation :) #KKR 1 #30.12.2013

Okeee.. berlanjut ke post KKR 1-nya SYC 2013 =)


KKR 1 ini diawali dengan sebuah tarian balet yang dilakukan seorang mahasiswi SAAT. Backsound yang mengiringi tarian tersebut adalah Amazing Grace-My Chains are Gone. Lalu jemaat juga diajak memujikan lagu I Will Sing-nya Don Moen. It was an interesting moment, and I realized that my chains of sin are gone, because God’s amazing grace has saved me :)


Kemudian dilanjutkan dengan drama singkat tentang pergumulan yang dialami kebanyakan orang. Ada kakak-beradik yang merasa kedua orangtua mereka tidak mempedulikan mereka. Ada juga yang merasa hidup ini nggak adil (aku lupa ada pergumulan apalagi -.-). Tapi suasananya bener-bener menghanyutkan (lhoh!). Nggak nggak. Maksudku, suasananya bener-bener mendukung bagi setiap anggota jemaat untuk merenungkan pergumulan mereka saat itu, dan menyerahkan semuanya kepada Tuhan. (kapan-kapan, kudu ada MKP lagi yang pake drama kaya’ KKR ini #summon pengurus dan temen-temen remaco :p) Dan akhirnyaaaaa.. waktunya khotbah! :B


Pengkhotbahnya Pdt. Benny Solihin, penulis ‘7 Langkah Efektif Menyusun Khotbah’. Beliau mengambil ayat dari Kisah Para Rasul 9:1-9. Nah, di situ beliau sempat bilang, kalo orang di zaman sekarang seringkali meremehkan Kekristenan. Mereka mikir, ‘Gampang banget buat jadi orang Kristen! Cuma berdoa, trus mereka bisa selamat. Lah, aku kudu berjuang nggak ngelakuin dosa selamat.’.



Padahal ya, Guys, yang ada justru sebaliknya! Coba lihat kehidupan jemaat mula-mula. Mereka bersekutu di tengah-tengah ancaman dan penderitaan, bahkan mereka pun harus siap mati setiap saat. Kenapa begitu? Karena para pemimpin agama dan pemerintah waktu itu menganggap bahwa Kekristenan bisa mengubah dunia. Mereka harus segera menangkap orang-orang Kristen agar tidak terjadi kekacauan karena Injil yang mereka beritakan.


Mereka emang betul, kalo Kekristenan bisa mengubah dunia. Tapi mereka gagal untuk menghentikan penyebaran Injil. Iya lah, sepintar-pintarnya mereka menyusun strategi untuk menggagalkan penyebaran Injil, kalo Tuhan maunya Injil tersebar kemana-mana, ya pastilah Injil itu tersebar :p wkwkwk.. jadi, bersyukurlah untuk ketaatan para pengikut Kristus yang mau memberitakan Injil, sehingga sekarang kita bisa mengenal Kristus dan mengikuti-Nya :)


Salah satu pengikut dan rasul terbesar dalam sejarah Kekristenan adalah Rasul Paulus. Nah, tahukah kamu.. bahwa Paulus adalah penulis dari sebagian Perjanjian Baru?? Kalo nggak percaya, coba buka Alkitabmu dan lihat ada berapa surat yang ditulisnya :p ada 13 surat, dan 1 kitab (Kisah Para Rasul) menceritakan sebagian pelayanan Paulus selama memberitakan Injil :O #cengoh. Dan surat-surat Paulus inilah yang jadi dasar doktrin Kekristenan saat ini! :O



Oiya.  Mumpung masih pegang Alkitab kan ya, coba sekalian buka Matius 1:1-6. Di situ kamu akan membaca sebagian dari silsilah Tuhan Yesus. Ya nggak?


Di situ kamu juga akan menemukan beberapa nama wanita. Ada Tamar, Rahab, Rut, dan Batsyeba (tapi di post ini kita bakal bahas Tamar, Rahab, dan Batsyeba aja). Ya kan? Nah, pernah nggak kamu berpikir kenapa bisa ada 3 nama wanita itu (yang notabene adalah wanita yang hidupnya nggak bener)? Dan kenapa Tuhan juga mau memakai Daud (yang licik bingit. Dia tega ngebunuh bawahannya *baca: Uria* gara-gara Daud berzinah dengan istri bawahannya *baca: Batsyeba* itu!) dan Abraham (yang dulunya adalah penyembah berhala dari negeri asing) sebagai nenek moyang Yesus Kristus??


Oya. 3 wanita di atas itu punya catatan gelap.

1. Tamar. Dia memperdaya Yehuda, mertuanya, agar melakukan hubungan seksual dengannya.

2. Rahab. Dia pelacur. Dia nggak peduli dengan keluhan dan tangisan para wanita yang keluar saat melihat para pria terjebak dalam perzinahan.

3. Batsyeba. Dia rusak banget. Kalo dia bisa jaga kekudusan hidupnya, dia pasti akan menolak bujukan Daud untuk tidur dengannya kan? Lah, tapi Batsyeba mau -_-


Oke, mereka secara moral emang udah rusak. Rusak banget. Tapi Tuhan mau memakai mereka, sehingga dari mereka lah, kelak akan lahir Yesus Kristus.  Lho kenapaaaaa?? Kenapa, oh kenapa..?


Tahu nggak, yang namanya dosa itu ya, dari zaman Engkong Adam sampe zaman kita itu udah merajalela banget. Hidup kita dicengkram dosa. Kita nggak bisa lepas dari dosa itu! Itu artinya, kita kudu siap-siap buat masuk ke dalam kematian kekal! :X


Lho emohhh!! Katanya Tuhan sayang manusia, kok ujug-ujugnya malah mati kekal to?? Apa nggak ada solusi buat selamet dari situ??



Tapi bersyukurlah! Tuhan telah memberikan anugerah-Nya kepada kita untuk bertobat. Tapi (tetep ada tapinya) kesempatan itu nggak selalu muncul, Guys. Jadi, jangan remehkan saat-saat di mana Tuhan memanggilmu, “Nak, ayo bertobatlah.. kembalilah ke jalan-Ku..”. Kenapa? Karena sewaktu-waktu Tuhan bisa memutus hidupmu, bahkan sebelum kamu bertobat.


Guys, Tuhan memakai Abraham, Daud, Tamar, Rahab, dan Batsyeba sebagai kakek-nenek moyang Yesus Kristus, karena Dia mengasihi mereka. Dia rindu agar melalui orang-orang yang (mungkin) dianggap remeh orang banyak itu, kemuliaan Tuhan bisa terpancar lewat mereka. Dan agar mereka sadar akan kasih karunia Tuhan yang begitu besar atas hidup mereka. Kamu bisa melakukan banyak hal itu karena kasih karunia Tuhan, Dek #kata kakak kelasku.


Back to Pauline. Paulus pun begitu. Dia awalnya adalah salah satu penganiaya orang-orang Kristen yang kejam. Dia punya misi untuk menghabisi orang-orang Kristen, agar Injil itu tidak dapat diberitakan.


Tapi Tuhan punya rencana lain. Tuhan menampakkan diri kepada Paulus, dan di situlah dia bertobat. Paulus begitu menyesali perbuatannya yang melukai hati Tuhan. Dan Paulus pun menyadari bahwa Tuhan ingin agar dia pun menyebarkan Injil. Akhirnya, dia menjadi salah satu pengikut Kristus sepenuhnya. Dia menjadi salah satu rasul terbesar dalam sejarah Kekristenan. He has changed. He has changed by the Word, to change the world :)




How about us, Guys? Maukah kita dipakai untuk jadi alat kemuliaan nama-Nya?

No comments:

Post a Comment