Thursday, May 29, 2014

SYC 2013: Kick and Goal #1st session #31.12.2013

Edit Posted by with No comments
Note:

PL = Perjanjian Lama

PB = Perjanjian Baru



Okeeee.. masuk ke sesi pertamaaa :) wkwkwk~



Oiya. Sesi ini bentuknya kaya’ talkshow, jadi ada tanya jawab antara narasumber, MC, dan anggota jemaat. Asik pake banget deh, soalnya lucu juga sih. Kalo narasumbernya berhasil menjawab pertanyaan, nanti bisa nendang bola ke gawang #yeahh XD


Aku lupa MC-nya siapa -.- (ampun, Kak), tapi pembicara aku inget wkwkwk.. Pembicaranya ada 2 orang, yaitu Pdt. Rahmiati Tanudjaja *yang ± 1 tahun yang lalu pernah khotbah di Coyudan* dan Pdt. Pancha Wiguna Yahya, M.Th.


Sesi ini dibuka dengan satu pertanyaan. Apa sih gereja itu?


Ekklesia (gereja – bahasa Yunani) berasal dari kata eks dan callo. Kata ini lah yang paling banyak dipakai dalam PB sebagai arti gereja, yaitu sebanyak.. 114 kali! :O ckckck.. banyak bingit yak?


Ekklesia sendiri berarti pertemuan-pertemuan bagi orang-orang. Sedangkan gereja adalah orang-orang yang kontras dengan orang dunia sekarang.


Nah, di 1 Tesalonika 1:1, Paulus berbicara tentang kumpulan dari orang-orang yang punya ‘interest’ yang sama (baca: ekklesia).


#Jemaat Allah adalah orang-orang yang telah bertobat, mengaku percaya kepada Kristus, dan telah dipulihkan melalui pengurbanan-Nya. Jemaat Allah-yang adalah orang Kristen-adalah surat Kristus.


#Surat Kristus itu artinya.. kita adalah orang-orang yang menggambarkan isi hati Kristus bagi dunia ini. Makanya itu, ayo kita hidup seperti yang telah Kristus teladankan, dan orang lain akan melihat bahwa Kristus lah yang berkuasa atas hidup kita :)



Oke. Lanjut ke persamaan dan perbedaan gereja di PL dan PB. Kita bahas persamaannya dulu aja yak :D


Dalam PL, Tuhan mengutus gereja untuk masuk ke dalam dunia. Sedangkan dalam PB, gereja dipanggil untuk jadi terang dan garam dunia. See? Sama kan ya :)



Trus perbedaannya apa Vinnnn??



Kalo di PL, pusat gereja adalah hukum Taurat. Gereja pada zaman itu terdiri dari bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain yang datang ke Yerusalem.
Sedangkan di PB, pusat gereja adalah Kristus. Gereja pada zaman itu (dan sekarang :p) terdiri dari banyak bangsa, dan semuanya diutus untuk pergi kepada bangsa lain yang belum mengenal Kristus.




Guys, jemaat Tuhan adalah tubuh Kristus. That means, church is the body of Christ; and Christ is the Head of the body! Oleh karena itu, gereja harus bersatu untuk membangun tubuh Kristus. Jangan sampai ada perpecahan (yang sia-sia) antar umat Tuhan :))



Oiya. Di sesi ini juga dijelaskan secara singkat tentang arti ciptaan dan budaya. Ciptaan adalah hasil karya Allah, budaya adalah hasil karya manusia.



Sebagai ciptaan Allah, seharusnya apa yang kita lakukan berpusat kepada Tuhan, ya kan? Tapi yang terjadi justru sebaliknya! Orang zaman sekarang malah lebih mementingkan kepentingan dirinya sendiri daripada memuliakan Tuhan! -___- duh duh..




Padahal nih ya, kita kan gereja. Dan fungsi gereja adalah bersekutu, melayani, dan memberitakan Injil. 3 hal tersebut sering dikenal sebagai koinonia, diakonia, dan marturia. Itu artinya, kita sebagai anak-anak Tuhan harus melakukan tugas-tugas itu! :O dan semua hal yang ada di dalam gereja ini punya tujuan untuk mencerminkan Tuhan yang jadi Raja atas hidup kita.




So Guys, mulailah untuk menerangi sekitarmu dari dirimu sendiri. Nggak perlu tunggu-tungguan, “Ah, biar si X dulu aja deh. Aku kan masih junior, dia mah udah senior lahh”. Eit eit eittt, Tuhan bisa pakai siapa pun untuk menyatakan kemuliaan-Nya kok. Dan Dia akan memampukan anak-anak-Nya untuk melakukannya :)





Gereja tidak ada yang ideal...walaupun kondisi di sekitarmu tidak mendukung, mulailah dari dirimu untuk menerangi sekitarmu. Dan biarkan Tuhan bekerja dalam hidupmu – Ibu Rahmiati Tanudjaja

0 comments:

Post a Comment