Friday, August 29, 2014

Translating Prayercast’s Videos = New Ministry

Posted by Tabita Davinia at Friday, August 29, 2014
Pertama kali aku denger Prayercast, yang terbesit di benakku adalah, “Prayercast? Waaaa.. pasti ada hubungannya sama doa” (ya iyalah. Namanya juga Prayercast :p).
Prayercast of South Korea


Buat kalian yang belum tahu Prayercast... Prayercast itu kumpulan video doa bagi negara-negara di dunia (kira-kira ada 200an video. 1 video for 1 nation). Di situ juga
ada pokok-pokok doa yang bisa kita doakan bagi setiap negara di video tersebut. Kalian bisa buka di sini.



Oiya, kenapa aku bilang translating Prayercast is a new ministry? Nah, ini ada ceritanya Guys. Simak baik-baik ya :)


Semua berawal saat negara api menyerang... Eh, salah! Itu mah Avatar ya :p huahahaha... Bercanda Guys hehe. Semua berawal pada bulan Juni lalu, seminggu sebelum temanku (a.k.a Leo, calon misionaris uyeeee~) dapet surprise buat perpisahannya sebelum berangkat ke SAPPI, di Cianjur kalo nggak salah (sebuah sekolah misionaris yang ada hubungannya sama bertani dan beternak. Lupa deh, kepanjangannya apa :p).


Temanku ini jadi Song Leader sewaktu persekutuan Remaja, dan dia muterin video Prayercast untuk pertama kalinya (pake video-nya Afghanistan keliatannya). Dia sempet muterin juga video dari kumpulan rekaman tentang persecueted church, dan di situ ada sebuah kalimat kaya’ gini, “Gereja yang kuat bukanlah gereja yang dibangun di atas pondasi bangunan. Gereja yang kuat adalah gereja yang dibangun di atas pondasi doa”.


Sebelum dia pergi, dia juga pernah bilang sama aku dan beberapa orang lainnya buat mulai muterin video-video doa misi, dan ngadain doa syafaat sewaktu persekutuan di Komisi Remaja maupun di Komisi Pemuda. Dan sejak dia pergi (will miss him! Balik ya kalo liburan, Leooo), udah ada beberapa video yang diputer (tapi cuma 2 apa 3 gitu haha. Selebihnya kami doa syafaat). Dari Leo, aku nangkep satu hal... God wants us do something rather than only watch the news of persecueted church and the other countries which Christians are being the minority people there.


Tapiiii... apa sih yang bisa kita lakuin buat mereka yang menderita karena iman mereka?? We’re so young!



Guys, yang bisa kita lakuin saat ini adalah berdoa buat mereka. Syukur-syukur kalo kita bisa bantu mereka lewat dana. Tapi, kalo kita nggak bisa nyumbang dana dan daya untuk mereka, kita masih tetep bisa nguatin mereka lewat... doa :)



Oke. Kembali ke Prayercast.


Beberapa waktu setelah Leo pergi, ceritanya aku dimintai tolong sama Ricky, dari Komisi Remaja juga, buat nerjemahin video-video Prayercast yang udah didownload. Awalnya aku mikir, “Oh, cuma nerjemahin video doang kan? (aku mikir kalo videonya itu udah punya sub-title dalam bahasa Inggris, jadi bisa langsung cus nerjemahin”, jadi aku bilang OK buat ajakannya Ricky itu.


And... I was wrong! :p Video di Prayercast nggak ada subtitle-nya sama sekali! *shocked*. “Mateng gueeee... berarti gue kudu dengerin itu video berulang kali, nulis subtitle-nya di Word (kami bagi tugas untuk penerjemahan video Prayercast, ntar baca aja di bawah ya), trus baru nerjemahin??? Omigodddd” batinku waktu ngelihat video yang ditaruh ke flashdiskku.

Akhirnya ketemu sama kamus itu lagi :p


Tapiii... justru di situ Tuhan asah kemampuan berbahasaku, Guys. Terutama di bidang listening. Yap, kalo dengerin lagu gitu masih mending lah. Agak mudeng hehe. Lah kalo doa gimana coba? Pake bahasa Inggris, trus ngomongnya cepet pula! *hiks*. But thanks God, sebagian aku tahu apa yang mereka omongkan lewat video itu, dan bisa nerjemahin dikit-dikit *walopun masih ada yang harus diedit sama anggota Komisi Pemuda wkwk*.


Lewat Prayercast, Tuhan juga bukakan ke aku tentang kondisi Kekristenan di luar Indonesia. Ternyata Guys, pergumulan orang Kristen di luar negeri itu berat banget. Bersyukur karena di Indonesia penderitaan yang dihadapi orang Kristen ‘nggak separah’ dibanding di luar negeri *walopun sebenernya penyegelan gereja secara paksa itu juga udah melanggar HAM :( tapi kalo di sini belum sampe ke tahap penganiayaan, bahkan pembunuhan massal #sigh*. Sedangkan mereka harus siap dianiaya tiap saat, gereja tempat mereka beribadah juga bisa ditutup paksa sewaktu-waktu, bahkan mereka juga harus siap kehilangan nyawa mereka karena tidak mau menyangkal Kristus.



Buatku pribadi, nerjemahin video dari Prayercast adalah sebuah pelayanan baru yang Tuhan bukakan buat setiap kita untuk lebih bisa melihat kehidupan orang-orang (khususnya orang Kristen) di berbagai negara. Lewat nerjemahin video itu, aku jadi semakin sadar bahwa hati Tuhan ada di setiap negara, Guys. He still wants they come to Him, and make His name be glorified. Coba bayangin kalo Tuhan nggak mengasihi negara X, mana ada yang mau berdoa buat negara dan orang-orang di sana! ><


Mungkin ada yang beranggapan bahwa ini cuma satu sarana buat bisa lebih mengasah kemampuan listeningin English mereka. Ato mungkin ada yang berpikir kalo ini cuma kegiatan yang sia-sia, “Ngapain coba tiap malam dengerin video doa, diulang-ulang terus sebelum diterjemahin? Useless banget”.



But it’s okay :) Kami mengerjakan apa yang bisa kami kerjakan untuk membawa jemaat berdoa bagi negara-negara yang (sebenarnya) sangat memerlukan belas kasihan dan pengampunan dari Tuhan. Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda, tulis Rasul Paulus dalam 1 Tim. 4:12, jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu, dan dalam kesucianmu. Sekalipun ada yang menganggap ini pekerjaan sia-sia, tapi kami percaya bahwa yang kami lakukan saat ini pasti nggak akan membuat kami menyesal =)



Dan bersyukur karena Youth Prayer Movement ‘Unfinished’ bakal diadain di gereja besok Sabtu yeeee~ :D Di sini bakal ada beberapa video yang diputar, dan bukan cuma itu, ada berbagai bentuk doa yang bisa  kalian ikuti (ada doa taize, doa keliling gereja, doa berpasangan *bukan doa bareng ph! Wakakakaka*, dan doa tulis). Waaaa~ can’t wait for tomorrow lah pokoknya XD *out of topic detected*




Oke, Guys. Sekian tentang penerjemahan video Prayercast yaaa. Kalo kalian masih penasaran sama Prayercast, kalian bisa buka prayercast.com (coba klik 'Nations'. Bakal ada banyak video doa misi tentang negara di dunia yang bisa kalian download *yang berjibun banyaknya hehe*. Dan akan begitu luar biasa, ketika setiap gereja mau meluangkan waktu untuk berdoa bagi gereja-gereja yang teraniaya lewat video ini :) will you and your church join with us, to pray for the persecueted church?




Wanna change the world?

PRAY



Kepada Lenny, Cythia (CY), Chelsia *Tim Tranlator*,
C’ Dewi-Mba’ Feron *Tim Editor*,
Nathan, Ricky, Xavier *Tim Eksekutor (yang nge-input terjemahan ke video wkwk)*,

Selamat melayani lewat penerjemahan video Prayercast ya, Guys!



Oiya, buat Henry Reggy Leo Capital, semangat buat kuliahnya ya.
Thanks for inspiring us to start praying for the Christian in every place in this world :)

0 comments:

Post a Comment

 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea