Wednesday, August 27, 2014

Happy (belated) Birthday, GKI Coyudan!

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, August 27, 2014
HUT GKI Coyudan tahun 2013 :)
2 minggu yang lalu, saya mendapat tugas dari guru agama saya untuk mencari sejarah dan struktur organisasi gereja saya (baca: GKI Coyudan). Dan 2 hari yang lalu, GKI Coyudan merayakan ulang tahunnya yang ke-66 tahun. Wah, semacam kebetulan kah? :O


Oiya, kembali ke benang merah. Jadi, untuk mengerjakan tugas tersebut, saya mencari sejarah berdirinya gereja ini lewat Mbah Google, lewat buku anniversary GKI Coyudan yang ke-60, dan bertanya ke beberapa orang. Lewat penelusuran sejarah itu, saya jadi merasa bersyukur karena ditempatkan di gereja ini :) ada banyak hal yang saya dapat selama saya bersekolah Minggu, bertumbuh, dan melayani di tempat ini.


Mungkin ada beberapa yang masih belum tahu sejarah gereja ini berdiri hingga saat ini (termasuk berbagai peristiwa yang ada di dalamnya. Hehe). Coba baca saja sejarah tersebut di web gereja ini :) lalu Saudara bisa melanjutkan membaca artikel ini.



66 tahun bukanlah waktu yang pendek bagi berdirinya sebuah gereja. Memang ada banyak hal yang terjadi sejak GKI Coyudan berdiri hingga saat ini. Dimulai perselisihan antara gelas besar dan kecil untuk perjamuan kudus, pemanggilan (Alm.) Pdt. Stefanus Tandiowidagdo untuk menjadi pendeta pertama di sini, pergantian pendeta selama beberapa kali, adanya kontroversi kotbah tahun 1984 (yang *ndilalah* malah membuat gereja semakin banyak ada di kota Solo), pertumbuhan anggota jemaat, pergantian penatua, keluar masuknya hamba Tuhan, sampai tanggal 24 Juni lalu, GKI Coyudan mengadakan 3 acara besar (emeritasi Pdt. Anthon Karundeng, peneguhan Pdt. Lucas Aditya A.S., serta penahbisan Pdt. Daniel K. Gunawan). Dan bersyukur karena pimpinan Tuhan selalu ada di setiap peristiwa yang ada, hingga GKI Coyudan berumur 66 tahun :)


HUT GKI Coyudan 2014 :)
Saya percaya bahwa ada banyak harapan yang dimiliki oleh setiap anggota tubuh Kristus bagi gereja ini. Entah itu dari bidang pengajaran, bidang pelayanan, bidang kesaksian, maupun dalam berbagai bidang lainnya. Tapi pada intinya, kerinduan dari setiap anggota jemaat di tempat ini adalah agar GKI Coyudan tetap bertahan dalam menghadapi tantangan dunia, dan agar GKI Coyudan tetap menjadi garam dan terang bagi kota Solo, provinsi Jawa Tengah, negara Indonesia, dan bagi dunia.


Bukan cuma itu, ada banyak orang yang berharap agar GKI Coyudan juga dapat terus menjadi wadah bagi pertumbuhan iman setiap anggota jemaat. Well, saya bersyukur karena lewat Komisi Remaja (juga Kambium dan KTB Remaja Pemuda), saya semakin dibentuk Tuhan untuk menjadi remaja yang bisa jadi teladan bagi orang lain. Ada banyak gereja yang belum memiliki komunitas pertumbuhan seperti di tempat ini, makanya saya bersyukur karena di sini telah ada komunitas tersebut :) Bersyukurnya lagi, ada banyak saudara seiman yang mempunyai kerinduan yang sama bagi GKI Coyudan. Yaitu untuk membangun tubuh Kristus bagi kemuliaan-Nya.


Saya teringat oleh sebuah statement yang ditulis oleh penulis “Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta”, Grace Suryani Halim. Suatu saat, C’ Grace menulis, “You are the one that must offer a grace and forgiveness in your church. You're the one that must pray for your church so that your church can really be the Church of Christ”. Kurang lebih artinya adalah Anda adalah orang yang harus membawa anugerah dan pengampunan di gereja Anda. Anda adalah orang yang harus berdoa bagi gereja Anda, sehingga gereja Anda dapat menjadi gereja bagi Kristus (maaf kalau agak gimana gitu bahasanya. Belum terlatih untuk jadi translator soalnya hehe :p).


Begitulah, Saudara. Kalau kita memang rindu untuk membangun GKI Coyudan untuk semakin serupa dengan Kristus, itu artinya... kita pun perlu terlibat di dalam pelayanan yang ada. TAPI, jangan sampai kita pelayanan hanya karena mau tampil di depan umum (eksis—kata anak muda), atau karena pekewuh sama pengurus perwilayahan, atau karena rutinitas, atau karena alasan duniawi lainnya. Jangan, Saudara! Murnikan motivasi pelayanan kita di hadapan Tuhan, jaga komitmen dan kekudusan hidup untuk melayani Tuhan, dan (yang biasa dibilang teman saya di Komisi Remaja)... jangan mundur dari pelayanan :))



So, ‘Happy (late) Birthday, GKI Coyudan!’ I’m so proud to be your part for reviving the body of Chirst! :)
The ballons!


22:36
26.08.2014

0 comments:

Post a Comment

 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea