Saturday, August 16, 2014

Put Your Feet on My Shoes

Posted by Tabita Davinia at Saturday, August 16, 2014
*Tulisan ini jadi salah satu subbab buat (calon) bukuku, Guys hehe. Enjoy it!*


Artinya bukan “Nih, sepatuku buat kamu aja” :p ini kiasan, Guys! Huahahahaha.. Tapi  “Pahamilah kalo kamu ada di posisiku”. Hm, kurang lebih kaya’ gitu deh.

Entah kenapa, tiba-tiba aku merasa kudu nulis subbab ini. Hm, mungkin karena ada banyak orang (yang udah pacaran) yang mikir buat bisa paham terus sama kondisinya (dan nggak jarang pusat dari pacaran mereka itu adalah kepuasan diri mereka sendiri :|). Padahal, harusnya mereka bisa saling memahami pasangan mereka, bukannya nuntut doang! >.<

Guys, waktu seorang temenku bilang kiasan tersebut, jujur rasanya mak jleb. Kenapa? Karena kadang aku nggak peka sama kondisi orang-orang ._. Kurang empati #sigh.

Nah, kalo sama orang lain aja kita nggak peka, apalagi kalo sama ph kita kelak!! Kalo kita bisanya cuma nuntut orang lain buat perhatian sama kita mulu, kapan kita bisa merhatiin mereka balik??

Guys, aku nggak bermaksud buat nuduh kalian kalo kalian sering nuntut buat punya ph yang ideal (apalagi ideal secara fisik). Tapiii... gimana kalo seandainya Tuhan kasih kita ph yang nggak sesuai sama apa yang kita mau (by the way, aku percaya kalo secara pertumbuhan rohani, Tuhan pasti kasih mereka yang seiman dan sepadan sama kita. Biar bisa saling mengisi satu sama lain :))? Gimana kalo seandainya Tuhan justru kasih kita ph yang punya kekurangan fisik (yang mungkin nggak bisa kita tolerir)?? Gimana kalo Tuhan kasih kita ph yang teges banget, padahal kita punya kebiasaan menelantarkan tugas??

Ini yang jadi pergumulanku selama ini, Guys, sejak aku mulai berdoa bagi calon ph-ku. Dan uhmmm... rasanya aku jadi sering ditegur Tuhan gara-gara masalah kurang empati itu ._.


 Guys, ‘put your feet on my shoes’ seharusnya bisa jadi  pendorong kita untuk lebih peka dan mengasihi orang lain apa adanya mereka, including our future journey-mate :) coba bayangin kalo kita ada di posisi mereka (yang kita tolak mentah-mentah buat kita kasihi), sementara nggak ada yang mau mengasihi mereka dengan tulus. Duh, sakitnya tuh di sini! *nunjuk hati #eh*

Kalo sekarang kita masih suka nuntut orang lain, coba deh buat mikir ini, “Kalo seandainya ph-ku nuntut aku balik, apa aku bisa memahaminya, sama seperti saat dia aku tuntut dulu? Apa aku bisa merasakan apa yang orang lain rasakan, saat aku berbuat sesuatu yang nggak sesuai dengan yang mereka mau?”, dan... “Apa aku mau kalo aku digituin sama dia?” (baca: dituntut mulu, kehadirannya nggak dianggap, semacam itu)

Pasti kita nggak mau kan, kalo dituntut mulu, dianggep nggak ada, dicuekin mulu. Nah, makanya itu... ayo, jangan sampe kita ngelakuin hal yang sama ke orang lain. Karena mereka (pasti) juga mau diperlakukan kaya’ gitu :) Rasa empati kita harus mulai ditumbuhin dari sekarang, Guys. Kalo nggak, bakal susah buat bisa mengasihi orang lain (termasuk mengasihi ph kita kelak) apa adanya mereka.

Aku juga baru belajar itu, Guys. Bukan cuma sama keluargaku, tapi juga sama temen-temenku *yang beberapa masih belum menerima Kristus :(*. Dan ampunnnn.. susah banget! Butuh proses buat bisa mengalahkan keegoisanku buat nggak mengasihi mereka .__. But, God helps me day by day to love them. Aku jadi belajar buat nggak terlalu nuntut orang lain (yang jelas, tetep masih susah buat nggak kulakuin, tapi nggak sesulit dulu haha).

Yuk mulai ubah mind set kita dalam mengasihi orang lain. Pikirkan “What Would Jesus Do?” saat kita mulai merasa sulit untuk bisa mengasihi mereka. Apakah Yesus akan tetap mengasihi mereka dengan tulus, ato Dia justru menolak untuk mengasihi mereka?

Aku percaya kok, kalo kita bisa put our feet on his/her shoes, mereka pun juga akan mulai belajar melakukan hal yang sama dengan kita. Wow, bisa kompak buat saling mengasihi nih, Guys! It’’s awesome, right? :D



For someone who has told me to ‘put my feet on your shoes’,
Thanks for everything :)

16.08.2014
00:04

0 comments:

Post a Comment

 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea