Follow Me @aoifide_artworks

@aoifide_artworks

Thursday, July 26, 2012

2nd Session: "I Love God!"


Annyeoughaseyo! :\ Masih jealous sama yang lain yang berenang, nih. Enak ya, bisa main – main di air (duh, malangnya#lebay). Aku ada masalah sama kondisiku (don’t be lebay, deh --"). Memang benar, acara yang tertunda itu menyebalkan.
Omong – omong soal tertunda (lebih tepatnya kepotong)... Masih ada 1 sesi lagi di Living Together XD Hoahahaha~ Sesi kedua, nih :D Asyik banget, nih sesi J Foto di atas itu adalah foto di mana salah satu teman di Komisi Remaja gerejaku jadi song leader di Living Together. Wkwk~ dan dia lupa bawa Alkitab --" Alkitabnya ditinggal di kamarnya#aduh. Jadilah dia nebeng aku#plak.Hoahaha~

Oke :D Langsung aja ya. Mumpung aku senggang, nih. Senggang karena nggak ke persekutuan remaja, tuh memang ngganjel -__-#catat, aku masih di Magelang waktu nulis ini :x wkwkwk~

Bacaannya dari Lukas 7:36-50

Biar lebih gampang, aku bentuk pakai point aja, ya. Wkwkwk~
Sebelum membaca post kali ini, baca dulu perikop di atas. Wkwkwk~
1. Kenapa orang Farisi mengundang Yesus makan di rumahnya?
...#nggak bisa jawab semua :P
“Nggak tahu, ya? Ya, sudah. Ayo lanjut dulu.” – pembicara XD

2. Darimana kita tahu bahwa perempuan berdosa itu pelacur?
ร  Perempuan itu menangis, lalu berdiri di belakang di dekat kaki Yesus, *dan silahkan baca sendiri di Alkitab :D*. Makanya, orang – orang yang melihatnya langsung syok. OMG!
3. Dari bacaan di atas,  kita dapat menyimpulkan bahwa Simon si orang Farisi ini ragu – ragu akan Yesus.
a. Apakah Yesus ini nabi?
b. Kalau Yesus tahu bahwa perempuan itu seorang pelacur, kenapa Dia tidak menjauh?

4. Dan Yesus-pun memberikan perumpamaan tentang 2 orang yang berhutang. Orang pertama berhutang 500 dinar, dan orang kedua berhutang 50 dinar. Karena si tuan tahu bahwa mereka tidak dapat melunasi hutang mereka, akhirnya dia-pun membebaskan mereka dari hutang mereka.
Pertanyaannya adalah, siapa yang paling mengucapkan terima kasih pada si tuan?
*Nggak perlu orang pintar, kok. Anak SD-pun tahu lho, jawabannya >:)* Jawabannya adalah...#bunyikan drumnya... yang berhutang 500 dinar!!

5.            *Nah, Yesus memberikan perumpamaan ini kepada Simon yang masih ragu – ragu akan Dia. Maksud dari perumpamaan ini (tentu saja) untuk mengajar. Dan dari pengajaran ini, Yesus ingin menyampaikan bahwa dosa 2 orang itu (perempuan pelacur dan Simon) sudah diampuni. Dan tentu saja si perempuan itu sangat berterima kasih!!
                *Sebenarnya, Yesus meng-complain Simon, karena kaki-Nya tidak dibasuh oleh Simon (berbeda dari adat istiadat orang Yahudi saat itu; yang akan membasuh kaki tamunya), tapi wanita itu membasuh kaki-Nya dengan air matanya, menyeka dengan rambutnya, mencium kaki-Nya dengan minyak wangi.

6. Nah.. sekarang, kenapa Simon tidak melakukan hal – hal seperti wanita itu? Kenapa wanita itu melakukan hal – hal *seekstrim* itu?
Nah, untuk menjawab pertanyaan itu, ayo kita mencoba untuk melihat perumpaan tentang dinar di atas.
Sebenarnya, orang yang berhutang sebanyak 500 dinar itu diumpamakan sebagai perempuan pelacur itu. Sedangkan yang berhutang sebanyak 50 dinar itu diumpamakan sebagai Simon si orang Farisi.
PADAHAL, mau sebanyak apapun mereka berhutang, pada kenyataannya mereka tetap berhutang, kan? :\ Sama juga dengan Simon dan si perempuan itu. Mereka sama – sama berhutang kepada Tuhan karena mereka telah berdosa. Nah, ketika hutang mereka (alias dosa) dihapuskan, maka akan terlihat dengan sangat jelas siapa yang sangat bersyukur atas pengampunan dari Tuhan itu. Jelas sekali, bahwa si wanita itulah yang sangat mengucap syukur. Ya, kan?

7. Cara pandang pengampunan dari seseorang bisa beda – beda, lho :D Ada yang menanggapinya dengan biasa saja, maupun yang betul – betul berterima kasih! Hayo, bagaimana kalian menanggapi pengampunan dari Tuhan?

8. Nah (lagi), sekarang ada yang perlu kita renungkan bersama, ya ^^
                a. Seberapa besar kita mengucap syukur kepada Tuhan, atas karya keselamatan yang telah dilakukan-Nya untuk kita?
                b. Jangan lupa! Allah itu bukan benda mati. Dia adalah pribadi yang dapat dikasihi dan dapat berespons!

9. Mengasihi itu ada 2 unsur. Buat yang pernah ikut Kambium pasti tahu :D Menikmati dan menyenangkan hati seseorang. Kalau kita mengaku bahwa kita mengasihi Tuhan, apakah kita akan menikmati waktu – waktu bersama-Nya? Mau untuk menyenangkan hati-Nya, dengan perbuatan – perbuatan yang dapat memuliakan nama-Nya?

10. Kita bisa taat terhadap perintah Tuhan, bila kita mengoreksi ketaatan kita. Dan, jangan lupa bahwa kasih kepada Tuhan itu perlu diuji. Terutama ketika kita mengalami perlakuan yang tidak adil. Apakah aku akan tetap bergantung pada-Nya, ketika mendapat perlakuan yang seperti itu?

Plus quotes!! :D

*Kalau kita menghina karya-Nya, yaitu pengorbanan-Nya di kayu salib... Jangan sebut bahwa kita mengasihi Tuhan
*Orang yang taat kepada Tuhan, BUKAN orang yang elite rohani. Justru orang yang melakukan disiplin rohani adalah orang yang normal
*Enjoy Him and obey Him J

***

Iyaaa~ sekian yang bisa kutulis di post kali ini :D Aku menyelesaikan tulisan ini, 3 hari sejak aku kembali dari Magelang. Wkwkwk~ Kalau ada yang salah aku minta maaf ^^ Gomawo!

No comments:

Post a Comment