Follow Me @aoifide_artworks

@aoifide_artworks

Thursday, September 25, 2014

Never Give Up Hope

“C’ Vin, menurutmu harapan itu apa sih? ... Kenapa kita butuh harapan?”


Kemarin Senin ada yang tanya gitu ke aku. Wah, jujur aku bingung mau jawab apa :p *ampun, Ricky wkwk*. Tapi terus akhirnya aku jawab gini deh,


“Harapan itu sesuatu yang kita inginkan, yang pengen kita raih. Harapan adalah sesuatu yang membuat kita pengen terus berjuang buat dapet sesuatu ... kenapa kita butuh harapan? Karena tanpa harapan, nggak ada yang bisa kita perjuangkan. Tanpa harapan, nggak ada yang bisa kita doakan. Tanpa harapan, hidup jadi useless. Tanpa harapan, nggak ada gunanya kita hidup” --> kalimat terakhirnya kejem banget ya -.-



Terus dia tanya lagi, “Kalo gitu, kenapa ada orang yang nggak punya harapan masih tetep hidup?”


Kali ini aku beneran bingung mau jawab gimana :p Jadi cuma bisa bilang, “Entahlah. Mungkin mereka masih pengen menghabiskan waktu di dunia ini? (saking takut suwung kalo udah nggak di dunia kali ya? #lhoh)”


Guys, pernahkah kalian juga berpikiran hal yang sama? Atau jangan-jangan... kita sendiri yang merasakan bahwa hidup kita ini useless, karena nggak ada harapan buat hidup kita, karena nggak ada yang bisa kita perjungain.



Dulu aku pernah sempat merasa begitu sih. Rasanya hidupku kacau banget, apalagi waktu itu aku belum lahir baru (jadi aku belum pernah SaTe secara rutin, doa cuma sekedar rutinitas :s). Dulu rasanya hopeless banget, apalagi dengan ada banyak masalah. But thanks God, setelah lahir baru, sedikit demi sedikit masalah yang ada bisa terselesaikan dengan baik. Eh, tapi jangan langsung seneng dulu Guys, setelah masalah lama terselesaikan, Tuhan bakal kasih pergumulan lain yang (percaya deh) akan membentukmu semakin lebih dewasa :)


Dulu aku hopeless gara-gara masalah temenan, persahabatan, bakal-punya-pacar-apa-enggak, blablabla *banyak bingit wkwk*. But as what I’ve said before, Tuhan selalu kasih harapan yang baru, harapan yang selalu membuatku buat terus berjuang :) Sekarang temenku ada banyak, jadi sering ngobrol sama co juga *karena dulu aku kalo ngobrol sama co aja salting (salah tingkah)nya bukan main :v huakakaka*, dan masih ada banyak hal yang Dia proses dalam hidupku sampai saat ini. Dan aku percaya, setiap kejadian yang ada akan membuatku untuk semakin percaya kepada-Nya :D hehe



Ada 1 ayat yang aku inget banget (sejak kelas 3 SMP, karena ini ayat hafalan buat ujian praktek wkwkwk). Ayat ini menjelaskan kenapa kita harus tetap berjuang, bahkan dalam kondisi yang tidak mengenakkan sama sekali:

“Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan.

Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.”
(Roma 5:3-5)


Lewat setiap masalah, pergumulan, dan tantangan yang kita hadapi, sebenernya Tuhan pengen ngajarin kita buat bergantung kepada-Nya tiap saat. Bukannya setelah masalah kita selesai, terus kita bilang, “Bye byeee” ke Tuhan haduhh -.- inget, Tuhan itu  Tuan atas hidup kita, bukan our servant >< Justru kepada-Nyalah kita harus berharap tiap saat. Pemazmur dalam Mazmur 71:5 berkata bahwa Tuhan adalah harapannya, Dialah yang pemazmur percayai sejak masa mudanya. So, kalo sejak muda kita udah terbiasa buat percaya kepada Tuhan, menaruh pengharapan kita kepada-Nya, nggak bersandar sama pengertian kita sendiri... kita pun akan terbiasa untuk mengandalkan Tuhan tiap saat :)


Percayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu. Dan jangan bersandar kepada pengertianmu sendiri. Kenapa begitu? Karena apa yang kita pikirkan itu belum tentu sesuai dengan yang Tuhan mau. Dan sering kali, pengertian kita malah membuat kita kecewa sendiri :( hm... makanya itu, we must trust God as the center of our lives. Dia tahu semua yang kita butuhkan, Dia tahu setiap persoalan yang kita hadapi, dan pengharapan kita kepada Tuhan nggak akan mengecewakan, karena Dia tahu yang terbaik untuk kita :)


Jangan sampai kita putus asa untuk terus berharap dan percaya kepada Tuhan ya, Guys. Aku tahu awal-awalnya terasa sulit buat ngelakuin 2 hal itu, but trust me, kalo kita setia buat terus berdoa bagi pergumulan kita, tetap percaya kepada-Nya *dan kalo kita juga mau berusaha semaksimal mungkin :p*, God will do the rest for us :)



Dan sekarang... bagaimana dengan kita? Sudahkah kita berharap sepenuhnya kepada Sang Penulis Hidup kita? Atau jangan-jangan selama ini kita masih mengandalkan kemampuan kita sendiri, masih belum menyandarkan kepercayaan kita kepada-Nya? Just think again, Guys :B


Anyway, aku pengen nge-share lirik lagu yang dulu pernah di-share C’ Cella di blognya. And... here it is! :) be strong in the Lord, never give up hope!


The Words I Would Say
It's Three in the morning
and I'm still awake
so I picked up a pen and a page.
And I started writing
just what I'd say
if we were face to face

I'd tell you just what you mean to me
Tell you these simple truths

Be strong in the Lord and
never give up hope.
You're gonna do great things
I already know
God's got his hand on you so
don't live life in fear
forgive and forget
but don't forget why you're here
Take your time and pray
These are the words I would say

Last time we spoke
you said you were hurting
and I felt your pain in my heart
I want you to know
that I keep on praying
Love will find you where you are

I know 'cause I've already been there
So just hear these simple truths

Be strong in the Lord and
never give up hope.
You're gonna do great things
I already know
God's got his hand on you so
don't live life in fear
forgive and forget
but don't forget why you're here
Take your time and pray
These are the words I would say

From one simple life to another
I will say
Come find peace in the Father

Be strong in the Lord and
never give up hope.
You're gonna do great things
I already know
God's got his hand on you so
don't live life in fear
forgive and forget
but don't forget why you're here
Take your time and pray
Thank God for each day
His love will find a way
These are the words I would say.


Selamat berjuang untuk terus berharap kepada Tuhan ya :)


When all around my soul gives way,
He then is all my hope and stay

(desiringGod.org)

No comments:

Post a Comment