Follow Me @aoifide_artworks

@aoifide_artworks

Wednesday, June 3, 2015

Day 3: Behind the Scene of My SNMPTN Registration

Oke, topik khusus untuk beberapa hari ini wkwkwk... hari ini aku pengen crita tentang pergumulanku (ciee) waktu cari jurusan+univ buat kuliah, dan bagaimana Tuhan bener-bener menyertaiku sampai saat ini J)

Jadi gini. Dulu waktu udah di SMA aku galau mau jadi apa kalo udah kerja nanti :p antara jadi desainer grafis, fotografer, ato apa gitu huehehe. Dan kegalauan ini terus berlanjut sampai waktu aku udah di kelas 2 SMA. Wkwkwk...


Entah kenapa, di tengah-tengah kegalauanku itu, aku mikir mau jadi sesuatu (eh). Sesuatu yang nggak pernah terlintas dalam pikiranku waktu aku menulis biodata di buku kenangan zaman SD. Dan tahukah kalian aku mau jadi apaaa? Jadi psikolog anak! :D yay! Wkwk.

Okelah. Mungkin bukan psikolog anak, tapi konselor untuk anak dan remaja wkwkwk. Ada beberapa alasan kenapa aku pengen jadi psikolog, dan bukan yang lain:

1. Karena nilaiku biasa-biasa aja (secara aku masuk jurusan IPA, dan nilai-nilai MIPA-ku nggak ada yang menonjol, tapi nilai bahasanya termasuk menonjol :p)
2. Nggak pengen jadi dokter, seperti usulan banyak orang (well, karena mamaku dokter wkwk)
3. (ini alasan terbesarku) karena setiap kali aku ngelihat anak-anak yang salah asuhan (malah jadi judul buku :p) dari orangtuanya, aku sedih L mereka nggak dididik dengan baik, ada yang trauma karena keluarga mereka broken home, ada yang punya banyak masalah tapi nggak tahu harus cerita ke siapa...

Begitulah.

Jadi masalah pertama udah kejawab ya. Aku mau jadi psikolog, jadi aku harus masuk fakultas Psikologi (you don’t say wkwk). TAPI, aku nggak tahu mau kuliah di mana .___.

Karena itu, aku udah mulai tanya-tanya, kira-kira univ A kaya’ gimana, univ B kaya’ gimana, dll. Termasuk juga pelajarannya apa aja, dosennya gimana... Dan semuanya itu semakin menantangku untuk masuk FaPsi (fakultas Psikologi). Eakkk wkwk

Singkat cerita, ada 3 univ yang udah tersaring dalam pilihanku (2 univ negeri, 1 univ swasta. Itupun aku milih swasta juga karena nggak yakin bisa keterima SNMPTN ato nggak). Dan waktu mau input data ke web SNMPTN, aku cuma nulis 1 univ negeri.

“Kenapa cuma 1 aja?? Kan, boleh 3 prodi di 2 univ!”

Well, alasannya simpel kok. Aku takut kalo nanti aku malah dimasukkin ke pilihan keduaku (padahal aku maunya cuma di univ A, bukan di univ B. Univ B itu cuma cadangan kalo udah kepepet banget. Univ C itu swasta). Hehe. Soalnya, beberapa kakak kelasku maunya masuk ke pilihan pertama, tapi karena syarat-syarat uuntuk masuk ke pilihan pertama (mungkin) nggak terpenuhi, jadi mereka masuk ke pilihan kedua. Nah kan repot tuh. Akhirnya aku mantep cuma milih 1 univ negeri dan 1 univ swasta (dengan fakultas yang sama :p).

Sebenernya aku sempet ragu buat masukkin dataku dengan pilihan univ A. Kenapa? Karena guru BK-ku bilang gini,
“Mbak, saran saya.. kamu jangan milih di univ A.”

JE-DHUER!

Waaaa.. dalam hatiku, aku udah panik setengah mati. Duh kenapa ini?? Trus guruku itu ngomong lagi,
“Saya nggak bisa kasih jaminan kalo kamu bisa masuk situ (iya, Bu, saya paham :’’ hehe). Kamu kan juga tahu, kalo Psikologi di univ A itu masuk prodi untuk IPS. Nah, kamu kan dari IPA. Otomatis peluangmu bisa masuk ke univ A lebih kecil daripada kalo kamu masuk ke univ B.”

Hm hm hm.. singkat cerita, setelah dipikir masak-masak, akhirnya aku memutuskan untuk... tetep milih univ A!


Huaaa :O nekat bener ya? Iya, nekat banget :’D wkwkwk.. untung waktu itu aku nggak bilang mamaku, soalnya kalo aku bilang... bisa-bisa aku langsung disuruh pindah univ :p lol!


Dan singkat cerita, tanggal 9 Mei kemarin kan pengumuman.. and thanks God :) aku keterima di univ A :) (walopun juga keterima di univ C hehe). Bener-bener nggak nyangka sih. Ternyata yang mau masuk FaPsi banyak :O dan yang keterima dari SNMPTN ada 99 orang (trus tambah beberapa orang lagi dari jalur lain). Aaaakkkk.. thanks God!! ^^



Sekarang baru siap-siap buat registrasi ulang sih hehe. Minggu depan aku ke univ itu buat tes bahasa Inggris sama TPA (Tes Potensi Akademik). Satu hal yang aku inget selama masa menunggu hasil SNMPTN ini adalah... aku harus tetep bersyukur :) bersyukur karena keterima SNMPTN, dan tetep bersyukur walaupun aku nggak keterima SNMPTN. It’s only by Your grace, Lord! Use me for Your glory! :)

No comments:

Post a Comment