Wednesday, September 14, 2011

Reflection for 'Because of Love' 26th June ~ 28th June 2011

Posted by Tabita Davinia at Wednesday, September 14, 2011

horee~


stelah mnanti berbulan2, akhirnya RC'ne RemaCo bisa berjalan dgn lancar (walopun mbuat capek XD). thx God for this event! ^^


=26 Juni 2011=
okeee.. hari pertama, peserta ngumpul di WW Jamsaren jam 1 siang (zzz~ ak nunggune klamaaen --"). Xg ikut skitar 50-an.. tp ttp rame! wkakakak~ XD



ehmm.. waktu otw ke river hill, aku sama seorang temenku *namane grace* ngobrol2. dan tau2...
"koh, bis'e bisa mutar balik nda? notane mamaku kebawa." - imaz


aku sama grace = -_-" wkkwwk~ dan akhirny, notane imaz dlempar da luar. awkakakakak~


bis'e nda bisa masuk sampe ke River Hill (ktok'e gra" nda kuat buat naik?). jadi akhir'e, bgitu sampe, peserta dsuruh turun duluan (aduhh~ --" nggawe ksel. tp pas pulang'e ak nda bgitu kcewa. wkakakak~)


stelah sampe di sana, kita dsuruh ke kmar masing2 (101! wkwkwk~). ak dpt kmar'e xma ane, c' felicia, mb c' lina.


ya wis.. lanjut yaa~ XD
stelah pembagian kmar + istirahat + mandi + snack, ada Ice Breaking. Ya, cuma mainan thog (xma anggota klompok --"). Di Ice Breaking ini kita harus nganterin karet kuncir ke anggota lain di blakang kita, tp pake sdotan. trus, tmen yg paling blakang dkuncir rambut'e. wkwkwk~ XD


yang menang klompok'e gio xma ane (slamat! nda usah mindah'ii kursi. wkwkwk~ XD). yg klah dsuruh mbalik'e kursi ke t4 asalny (sbelum'e, kursi2ne dpojok2e, biar ixa leluasa maenny), soal'e shabis Ice breaking lgs ad Ibadah Pembukaan.
Setelah ibadah pembukaan, acara dilanjutkan dgn Sesi 1!


***


Sesi 1 dpimpin oleh Bp. Petrus B.S. Temanya 'Ketaatan pada Kebenaran'. hmm...


inti dr Sesi 1 ini (utk menuntun kita kpd kebenaran *yaitu Firman Tuhan* dan menaatinya):
1.Firman Tuhan memiliki kegunaan yg luar biasa, yaitu dpt memberi hikmat dan menuntun kita kpd keselamatan yg berasal dr Allah (2 Tim. 3:15)


2. Alkitab bermanfaat utk mengaja, menyatakan kesalahan, memperbaiki kelakuan dan mendidik org dlm kebenaran (2 Tim. 3:16)


3. Firman Tuhan melengkapi kita utk perbuatan yg baik (2 Tim. 3:17)


*bgmn caranya agar kita dpt mengetahui dan menaati kebenaran dlm FirTu?*


- Memiliki niat utk memahami FirTu
- Mencari sarana utk bergaul dgn sehat dgn Kristus
- Bertumbuh dlm FirTu


***


stelah Sesi 1, kemudian makan malam :9 wkwkwk~ lalu acara dilanjutkan dgn Sesi 2 (yg dpimpin lg dgn P' Petrus)
=Sesi 2 "Roh Kudus"=
Roh Kudus itu penting bgt buat kita :3, tp masalahnya, ad beberapa kesulitan utk mengenal Roh Kudus. karena:
1. Roh Kudus lbh 'abstrak' drpd Bapa & Anak
2. Pengajarannya tdk sistematis (Yoh. 14 - 16)
satu hal yg perlu kita tahu, "Menjalani hidup Kristiani tanpa Roh Kudus tidak ada artinya".
Yang hrs kita lakukan utk lbh mengenali Roh Kudus adalah, kita harus mengenali:
1. Pribadinya (Yoh. 14:16 - 18)
2. Karya2nya
3. Bertumbuh dengannya


-Mengenal pribadinya!-
*Roh Kudus bertindak spt seorg individu:
- mengajar (Yoh. 14:26)
- memberi perintah (Kis. 8:29)
- membantu dlm doa


Roh Kudus membantu kita utk melahirbarukan, memampukan, menumbuhkan, dan mengarahkan kita ke kebenaran
Karya Roh Kudus yang:
1. Melahirbarukan: menginsafkan, mempertobatkan, melahirkan kembali batin kita
2. Mengarahkan : memimpin, menguatkan, mengajar
3. Menumbuhkan :memperbaiki, mengubahkan, menyucikan
4. Memampukan : memberi kuasa, keterbebanan


Pertumbuhan bukanlah karya Tuhan, tapi merupakan karya Roh Kudus (Rm. 8: 28-29)


***


Setelah Sesi 2 slesai, acara dlanjutkan dgn renungan malam (dpo K' Franky), trus nonton film XD
ak nggak tahu judul'e ap, tp critany apx. agak mbelit2, tp intinya, "krn cinta, apapun bisa tjd". ngliat bagian2 trakhir'e mbuat ak mao nangis (huee~ TT). jd kpengen maen 'Twinkle Twinkle Little Star' XD


---


=Senin, 27 Juni 2011=


setelah bangun pagi, trus SATE (Saat Teduh, bukan sate ayam XD) :)
pertamanya mao olahraga, tp nda jadi. trus, dlanjutkan dgn mandi mb makan pagi.
habis itu, Sesi 3 (aku ngiringi :D) ^^


=Sesi 3 (dpo K' Franky)=
*Hukum Kasih*


1 Yoh. 4:10 = bukan kita yg mengasihi Allah, tetapi Allah yang mengasihi kita
~Kita bisa mengalami keselamatan, jika kita mau membuka diri dan percaya kpd Yesus bawha Ia adl Tuhan dan Juru Selamat kita~
Kita harus mau mengasihi Tuhan dan sesama kita (walaupun kita nggak kenal mereka, dan juga orang yang telah menyakiti hati kita)
Dalam mengasihi, kita harus tahu apa bahasa kasih sesama kita.Ada 5 bahasa kasih:
1. Kata2 yg menguatkan ^^
2. Memberikan waktu :D
3. Menerima hadiah (pemberian) :3
4. Pelayanan ^o^
5. Sentuhan (jgn mikir xg aneh2) :)


===


trus snack + outbound! (klompok 1 enak, nda usah mikir pjg-lebar-dlm 1 soal xg ribet --" wkwkwk~). 4 klompok laen'ny dsuruh nggarap 1 soal. akhirnya, klompok 3 (swallow mania~, klompokku XD) maju di putaran ke 4
aduhh... capek'ee~ (mantapnyaa~ XD) >.
panas, adem, pusing, campur jd satu! wkwkwk~ XD


===


stelah makan siang + mandi + istirahat, persiapan pensi! wkwkwk~
trus makan malem. stelah it.. PENSI *pentas seni*! :D
klompokku dpt drama 'pegawai-kepercayaan-yang-dfiitnah-majikannya-dan-dimasukkan-ke-penjara'. tarik2an tangan XD
stelah itu, ada sdikit pembahasan ttg tiap drama dr 5 klompok. 5 drama it merupakan 1 kisah (kalo dgabungkan) ttg Yusuf.
sbelum BBQ, ad refleksi ttg hari it. dan dlanjutkan dgn.. (ak nda tau mau ngasih nama ap XD) 'pgangkatan (?) sie pemerhati tiap angkatan' *mao tau xpa ae? hmm.. liat ae foto'ne da albumku. wkwkwk~ XD*
kmudian, BBQ *siang sbelumny ujan --"*~ wkwkwk~ XD
stelah BBQ-an, masih ad bberapa tmen xg maen, jln2, ato uda ad xg tdur. wkwkwk~


---


Selasa, 28 Juni 2011 (last day :O)


bangun tidur, terus SATE :D
dlanjutkan makan pagi + mandi, lalu Sesi 4 (dpo Bp. Budi S. Marsudi)


===
-Sesi 4 'Mengasihi Orang Lain (temanya dtukar xma yg Sesi 5?)'


ada perbedaan antara Kanak2 dan Dewasa
Kanak2 : blm mengenali dirinya (kdg ada rasa minder)
Dewasa : mampu mengenali dirinya (tahu kekurangannya & tdk minder) dan menerima dirinya (tdk sombong)
tiap org it unik dan berbeda (Yes. 43:1 & Mzm. 139: 13-16)
*dlanjutkan dgn tes kepribadian*
setelah bertobat, memiliki perubahan
ego-sentris (mengutamakan diri sendiri) --> kristosentris (mengutamakan Kristus)
harus mau keluar dr 'tempurung' kita (mengenali baik2 diri masing2)


=snack, trus Sesi 5=


*Sesi 5 'Mengasihi dgn Sungguh*


Sesama kita = bukan hanya sebangsa, tapi semua manusia (Luk. 10: 30-37)
tdk memandang bulu tiap org yg mau kita kasihi
stelah sesi 5 berakhir, acara dlanjutkan dgn ibadah penutup dgn K' Franky
lalu berkemas2 (wkt trasa cpt berlalu~ --") dan evaluasi. dan diakhiri dgn makan siang!! (wkwkwk~)


sewaktu mau ke lobi, tyt hujan turun~ >:D
wkakakak~


*thx God for the event. I love it so much! I wish the moment will never gone from my mind ^^*


-Yohanes 3:16 "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga ia mengaruniakan AnakNya yang tunggal. Supaya setiap orang yang percaya kepadanya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal-


~**~

0 comments:

Post a Comment

 

Chocolates of Life Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea